Zoom App

Zoom baru saja melakukan pembaharuan atau update pada aplikasinya akibat adanya kekhawatiran para penggunanya terkait masalah keamanan dan privasi dalam penggunaan aplikasi ini yang dinilai fatal. Versi terbaru dengan nomor seri 4.6.20041.0408 ini memiliki beberapa pembaharuan, seperti tombol Security yang dapat di-install oleh host di toolbar, atau kemampuan memindahkan tombol Invite ke panel partisipan.

Dari banyaknya pembaharuan satu hal yang paling disoroti adalah kebijakan menyembunyikan nomor ID meeting yang dulu bertengger di kotak judul. Meski kecil, perubahan ini dapat membantu pengguna dari gangguan pihak tidak bertanggung jawab saat tangkapan layar meeting dibagikan.

Zoom Security Update

Penghapusan ID meeting pada kotak judul berawal dari kasus yang menimpa PM Inggris, Boris Johnson yang membagikan hasil tangkapan layar meeting-nya dengan pejabat negara monarki tersebut di akun Twitter pribadinya, Selasa (31/3/2020) . Hal tersebut sangatlah berisiko karena orang yang tidak diundang dapat dengan mudah masuk ke dalam meeting tersebut tanpa seizin host dengan cara masuk melalui ID meeting yang tersebar tadi.

Zoom Meeting ID Leaked

Semenjak mencuatnya kasus keamanan ini, Zoom telah beberapa kali meminta maaf kepada para penggunanya. Perusahaan asal Tiongkok ini bahkan berjanji akan menghentikan pembaharuan fitur untuk 90 hari kedepan dan fokus pada permasalahan sistem keamanan dan privasi. Meskipun dianggap sebagai langkah kecil, pembaharuan ini diharapkan bisa menjadi titik terang bagi perbaikan sistem keamanan Zoom saat ini.

#StaySafe #WorkFromHome #BeMoreCareful

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *