Halo sobat! Kali ini kita akan membahas lebih dekat lagi tentang UI & UX. Sebelum masuk ke Inti pembahasan tersebut terlebih dahulu kita akan membahas pengertian dari UI & UX.

Nah kalau ada dari Anda yang baru memulai dengan membuat website, mungkin anda pernah mendengar tentang istilah UI/UX.  Istilah  User Interface (UI) atau yang bahasa indonesianya itu Desain Antar Muka sedangkan istilah User Experience (UX) User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design lebih akrab dipakai dan dibahas di kalangan pengembang website/developer. Apa sebenarnya UI/UX itu? Apa perbedaan dari UI & UX? Dan yang terakhir apa saja yang dilakukan dari UI & UX? Mari cari tahu jawabannya lewat artikel kali ini!

PENGERTIAN UI & UX

User interface adalah bagian visual dari website, aplikasi software atau device hardware yang memastikan bagaimana seorang user berinteraksi dengan aplikasi atau website tersebut serta bagaimana informasi ditampilan di layarnya. User interface sendiri menggabungkan konsep desain visual, desain interasi, dan infrastruktur informasi. Tujuan dari user interface adalah untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience.

Sementara User Experience adalah bagaimana seorang pengguna internet mengakses website, suatu pengalaman yang mereka dapatkan dari website tersebut. Ontoh User Experience adalah mengeksplorasi semua fitur website yang ada, melihat tampilan website-nya, dan melakukan prosedur hingga berhasil transaksi produk/jasa. User Experience ini juga biasa disebut dengan singkatan UX yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pengalaman pengguna.

PERBEDAAN UI & UX

Kali ini kita akan membahas apa-apa saja perbedaan dari UI & UX?

Beberapa orang tidak mengetahui secara pasti mengenai User Interface (UI) dan User Experience (UX), bahkan masih ada yang menganggap UI & UX merupakan suatu hal yang sama. Pada faktanya UX dan UI itu berbeda, namun saling berhubungan. HCI (Human Computer Interaction) Concept

Yang pertama, kita harus tahu konsep HCI dulu. Karena Human Computer interaction adalah hal yang sangat berhubungan sekali dengan UI & UX Design. Apa yang kita lakukan dengan device, komputer atau laptop selama ini merupakan bagian dari HCI. Contoh saja ketika kita menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone , gesture, dan kita bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut itulah dinamakan interaksi.

Dari sini kita juga harus tahu interaksi 2 hal tersebut. USER & DEVICE. Kita harus mendesain bagaimana apps, web, dan platform yang lain bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang diberikan.

Sudah bisa menemukan perbedaan dari UI & UX? Jika belum mari kita bahas lebih dalam….

UI is about how the product is laid out  (tertata).

UX is about how the product feels.

UI DESIGN

Hmm untuk lebih mudah dimengerti bahasa gampangnya, UI Design adalah bagaimana suatu product yang kamu buat seperti apa. Apa yang dilihat oleh mata (visible) ya itu UI Design.

Gambar diatas memperlihatkan apa-apa saja yang berhubungan langsung dengan user interface yang terdiri dari interface design, grafis, icon, dan visual design.  Untuk menjadi User interface yang baik diperlukan 4 hal tersebut. Tujuan utama dari UI adalah untuk menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, font, gambar dll.

Untuk ui designer mereka lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang digunakan oleh user. Visualisasi adalah kunci dari UI design dan fokus pada tampilan interface yang akan dipakai user bisa menjadi menarik. Penataan bentuk yang kita lihat pada user interface adalah karya seorang UI designer.

UX DESIGN

Lalu bahasa gampangnya UX Design adalah proses untuk membuat product yang telah kita buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh user.

User experience memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan research pasar sampai kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface.

Mereka harus fokus terhadap perancangan, menjembatani bagaimana tampilan nanti mampu bekerjasama dengan sistem

UX designer harus mengeksplorasi lebih dalam bagaimana memecahkan masalah spesifik seorang pengguna. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Salah satu hal yang harus dipahami UX designer ialah harus memahami betul bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari user.

PEKERJAAN UI/UX

Berikut yang dikerjakan oleh user interface (UI):

App design

Di dalam user interface (UI) app design hanya untuk perangkat smartphone baik itu android ataupun IOS, untuk mendesain app perlu kreatifitas dan memiliki kerumitan tersendiri, karena dipengaruhi kebutuhan dari pengguna ataupun fitur yang terbilang kompleks.

Website design

Halaman web juga merupakan dari web design, hampir sama dengan app design berkaitan dengan unsur-unsur tampilan interface sehingga membuat tampilan halaman website tampak menarik

Prototype

Dalam bidang desain, sebuah prototype merupakan tahapan akhir dalam merancang suatu interface dalam sebuah sistem dimana user dapat merasakan bagaimana sistem itu digunakan.

Icon

Icon design merupakan simbol atau gambar sebagai maskat dari suatu objek yang bisa dibilang fungsi dari objek itu sendiri sehingga mempermudah pengguna atau user dalam hal melakukan tugas atau mengakses objek tertentu.

Design system

Design system adalah kumpulan komponen tampilan dan kode dengan standarisasi yang jelas, yang dapat digunakan berulang kali oleh desainer dan developer dalam pengembangan ratusan bahkan ribuan produk digital. Standarisasi seperti : naming convention, UI Kit, interaksi, animasi, jenis dan ukuran huruf, warna dll.

Components design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *