Bahasa pemrograman php merilis versi terbaru yaitu PHP versi 8 pada 26 november 2020. Sebelumnya kita telah mengenal PHP 7 yang sering kita gunakan, oleh karena itu PHP 8 dianggap rilis besar pertama setelah PHP 7. PHP 8 dikatakan sebagai software PHP yang paling komplit yang dilengkapi dengan beragam update melebihi PHP sebelumnya. Beberapa update menarik dari PHP 8 dari segi fitur, kestabilan, dan memiliki kinerja paling ringkas.

Berikut ini beberapa update fitur-fitur utama pada PHP 8 :

  1.  Named Arguments

Named argument atau argumen bernama dapat digunakan untuk meneruskan argumen ke fungsi berdasarkan nama parameter. Artinya, urutan pemberian argumen tidak menjadi persoalan karena nama yang akan digunakan untuk menentukan parameter.

  1. Attributes

Attributes adalah cara untuk memberi keterangan informasi tambahan dan konfigurasi, sehingga dapat dibaca oleh mesin pada deklarasi dalam kode. Fitur Attributes di PHP 8 memudahkan kita untuk menggunakan metadata terstruktur dengan sintaks asli PHP.

  1. Constructor property promotion

Constructor property promotion berfungsi mengurangi penulisan atribut berulang pada class constructor, sehingga penulisan atribut menjadi lebih pendek, lebih mudah dibaca dan tak terlalu rentan terhadap error. Namun fungsi ini hanya bisa digunakan pada promoted parameter seperti parameter yang diawali dengan public, protected, dan private.

  1. Union type

Union type adalah suatu nilai yang memiliki representasi sama di sebuah posisi dan  dapat menerima beberapa jenis variabel. Dimana, Union Type bisa mendeklarasikan variabel dalam beberapa tipe yaitu :

  • Type atau null, menggunakan sintaks khusus,
  • Array atau Traversable, menggunakan tipe khusus iterable.

Pada PHP versi sebelumnya, jenis penyatuan arbitrer tidak didukung oleh bahasa itu. Sehingga programmer akan cenderung menggunakan anotasi PHPDoc sebagai solusi. Untungnya saat ini union type telah hadir secara native di PHP 8. Sehingga, kita tak perlu lagi menggunakan anotasi PHPDoc.

  1. Match expression

Fitur Match Expression pada PHP 8 ini mirip dengan Switch pada PHP 7. Bedanya, pada PHP 8 fitur ini memiliki sintaks yang lebih ringkas dan aman. Adapun perbedaan lain antara Match dan Switch adalah sebagai berikut :

  • Match expression dapat mengembalikan value.
  • Match expression hanya mendukung ekspresi tunggal dan tidak membutuhkan pernyataan break.
  • Match expression melakukan perbandingan yang sangat ketat
  1. Nullsafe operator

Pada PHP 8 fitur NullSafe Operator memungkinkan kita melakukan metode pemanggilan operator  ?-> untuk mengecek nilai null. Artinya, dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mendeteksi null dalam suatu elemen rantai. Jika ditemukan null dalam rantai itu, maka proses eksekusi akan langsung dibatalkan. Sedangkan pada PHP 7 untuk pengecekan nilai null, kita perlu memasukkan kode is_null pada beberapa baris kode berulang kali.

  1. Consistent type errors for internal functions

Fitur consistent type errors for internal functions pada php akan memunculkan pesan error dan letak error ketika ada kesalahan koding. Kesalahan ditunjukkan dengan TypeError : … atau ValueError :… Dengan adanya fitur ini, kita dapat mengetahui letak error dan cara memperbaiki error statement. Pesan error yang muncul pada PHP 8 diperbaiki menjadi lebih konsisten untuk  semua jenis parameter yang tidak valid.

PHP 8 juga menggunakan just-in-time compilation dimana proses compilenya lebih cepat, sehingga memungkinkan penggunanya untuk dapat menjalankan kode aplikasi dengan cepat. Hal inilah yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja yang besar pada bahasa pemrograman PHP.

PHP 8 sudah resmi dirilis, jadi Anda dapat segera mengupgrade PHP lama Anda ke versi terbaru yaitu PHP 8. Telah banyak perbaikan dan peningkatan yang sudah dilakukan oleh pihak pengembang sehingga dapat lebih nyaman ketika digunakan oleh para pengguna.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai PHP 8 sebagai versi terbaru.

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *