Di bawah ini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang Toolbox pada coreldraw versi X8.

  1. Pick Tool

Pick Tool merupakan tool default yang berfungsi untuk memilih objek yang digambarkan dengan lambang anak panah.

Pada prinsipnya untuk mengaktifkan semua sarana-sarana operasi yang terdapat dalam tampilan CorelDRAW yaitu untuk menunjuk perintah, menunjuk objek dan mengaktifkannya.

2. Shape Tool

Shape Tool memiliki fungsi  untuk melakukan pengeditan secara halus dan terutama untuk objek kurva dan teks dengan memanipulasi jumlah node pada objek kurva atau text sesuai kebutuhan.

Tool lain yang terdapat di bagian ini rata-rata memiliki fungsi yang hampir sama, Anda bisa mencoba satu-persatu untuk melihat fungsinya.

3. Crop Tool

Crop Tool memiliki fungsinya dimana untuk memotong dan menghapus sebuah objek kurva ataupun bitmaps, Eraser, Knife Tools, dan Virtual Segment Delete juga memiliki fungsi yang sama yaitu menghapus objek tertentu hanya saja dengan cara kerja yang berbeda.

4. Zoom Tool

Zoom Tool digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek secara positif dan negatif yang berada pada area bidang kerja page, perbesaran dengan perbandingan 1 : 1 serta perbesaran objek terpilih dan sebagainya.

5. Freehand Tool

Freehand tool berfungsi sebagai tool untuk pembuatan berbagai model garis, kurva, dan menggambar bebas, dalam tool ini terdapat beberapa tool yang memiliki fungsi sama antara lain : 2-Point Line, Bezier, Artistic Media, Pen, B-Spline, Polyline, 3-Point Curve.

namun ada penambahan 2 fitur yaitu live Sketch dan smart drawing pada coreldraw suite 2018 tools ini sangat membantu bagi anda yang mengerjakan desain dengan menggunakan sketching melalui pen tablet.

6. Smart Fill Tool

Smart Fill tool berfungsi untuk digunakan memberikan warna bidang dan warna outline sekaligus dan dapat memberikan efek duplikasi dan grouping pada bidang berbeda-beda dengan warna yang sama dari smart fill tool.

7. Polygon Tool

Polygon tool ini fungsi utamanya dipakai untuk membuat objek segitiga, segi empat, segi lima dan objek-objek polygon lainnya. Dalam tool ini terdapat pula tool Star, kompleks Star, Graph Paper, Spiral.

Dalam versi coreldraw suite 2018 Basic Shapes tool menjadi satu dalam polygon tools ini terlihat berbeda dengan versi coreldraw sebelumnya.

8. Eclipse Tool

Tool ini digunakan untuk pembuatan objek lingkaran baik berupa elips/oval, pie atau arc.

9. Text Tool

Text tool memiliki fungsi untuk membuat teks artistik. Walaupun pada tool ini tidak terdapat flyout, tetapi tool ini mempunyai tool lain yaitu Paragraph Formatting dan Character Formatting pada sub menu text pada Property Bar standard. Dan pada versi coreldraw suite 2018 table tool dijadikan satu dengan di text tools.

10. Parallel Dimension Tool

Fungsi dari Parallel Dimension Tool ini adalah untuk menggambar garis parallel yang menunjukan ukuran suatu objek ataupun luasnya.

11. Straight-Line Connector Tool

Straight-Line Connector tool ini berfungsi untuk menggambar sebuah garis lurus untuk menghubungkan dua buah objek, tool ini hanya terdapat pada CorelDRAW versi X5 ke atas.

12. Outline Pen Tool

Outline Pen Tool untuk mengatur segala sesuatu tentang outline atau garis sisi luar objek meliputi ketebalan, warna, menghapus outline dan sebagainya.

13. Edit Color (Fill Tools)

Pada coreldraw suite 2018  dikenal sebagai edit color Tool jika diversi sebelumnya disebut dengan Fill Tools dimana berfungsi untuk mengatur segala sesuatu tentang fill objek atau warna dari objek meliputi pengaturan warna, menghapus fill dan sebagainya.

14. Blend Tool

Blend Tool berfungsi untuk mencampurkan (Blend) dua buah objek dengan memadukan perubahan bentuk objek dan warna yang kompleks antara kedua objek yang dicampurkan.

Dalam Tool ini terdapat beberapa tool lain antara lain : Contour Tool, Distort Tool, Drop Shadow, Envelope, Extrude, Block Shadow (Versi X8).

15. Transparency Tool

Transparency Tool digunakan untuk memberikan efek transparansi di sebuah objek baik kurva, text, ataupun bitmaps. Fitur ini dipisahkan dari blend tools sejak versi coreldraw suite 2018.

16. Color Eyedropper Tool

Color Eyedropper Tool ini digunakan untuk mengambil sampel atau contoh warna yang berupa prosentase campuran warna dari objek terpilih dan diterapkan pada objek lain agar warnanya sama.

17. Interactive Fill Tool

Interactive Fill Tool untuk membuat gradasi warna pada sebuah objek kurva atau text di CorelDRAW. Mesh fill juga menghasilkan gradasi warna hanya saja penggunaannya lebih komplek,

namun jika Anda sudah mahir hasil gradasi yang dihasilkan bisa membuat desain Anda seperti terlihat realistik.

18. Color

Tools ini berfungsi untuk mengganti warna pada suatu objek atau dikenal kenal sebagai docker color. Pada versi coreldraw suite 2018 fitur tools ini dipisah dari kelompok fill tool pada versi coreldraw sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *