Perkembangan teknologi berdampak banyak pada kehidupan sosial di era modern saat ini , cara kita berkomunikasi pun menjadi lebih praktis dan efisien. Begitu pula dengan kemudahan dalam mencari berbagai informasi di internet ataupun kecanggihan dalam melalukan berbagai macam pembelian online maupun hanya sekedar bermain atau mengakses beberapa situs web.

Perlu anda ketahui bahwa setiap orang bisa membuat situs website mereka sendiri dengan berbagai alasan tertentu. Karena itulah muncul berbagai macam jasa layanan yang menyediakan Domain dan Hosting. Sebelum anda membuat situs web anda perlu membuat domain dan hosting untuk tahap awal, dengan begitu kita perlu mengenal apa itu Domain dan Hosting, berikut penjelasannya.

 

APA ITU DOMAIN ?

Domain adalah nama yang digunakan untuk berbagai konteks jaringan dan juga sebagai nama dari tujuan pengalamatan khusus aplikasi. Nama domain mengidentifikasi domain jaringan, atau mewakili internet protokol (IP) seperti komputer pribadi yang kita gunakan untuk mengakses internet.

Domain dibentuk oleh aturan dan prosedur Domain Name Sistem (DNS), setiap nama yang sudah terdaftar dalam DNS merupakan nama domain.

 

APA ITU HOSTING ?

Hosting adalah layanan internet yang memungkinkan setiap orang untuk membuat situs web mereka dapat diakses melalui World Wide Web (www), hosting juga memberikan pengaruh yang sangat besar bagi adanya berbagai fitur pada situs web. Didalam hosting pengguna juga dapat menyesuaikan bentuk server denga kebutuhan mereka agar mudah untuk disimpan pada penyimpanan server. 

 

Adapun perbedaan antara Domain dan Hosting adalah sebagai berikut :

1. Dari segi fungsi

Domain berfungsi sebagai media yang dapat mempermudah kita untuk memberikan penamaan pada situs web yang mengarah kepada alamat ip (ip address) sedangkan Hosting berfungsi sebagai penyimpanan data dalam komputer yang terkoneksi dari penyimpanan satu ke penyimpanan lainnya diseluruh jaringan dunia.

2. Dari segi tugas dan kegunaan

Domain mempunyai tugas dan kegunaan yang diperlukan oleh user agar dapat mengakses server hosting. Sedangkan Hosting bertugas untuk menjaga kestabilan koneksi selama situs web tersebut di akses oleh banyak pengguna tak terbatas secara online.

3. Dari segi bentuk  fisik

Bentuk fisik dari domain adalah berupa tulisan URL (Uniform Resource Locator) yang muncul di setiap nama belakang dari situs web, sedangkan bentuk fisik dari Hosting adalah kumpulan perangkat keras maupun perangkat lunak yang terdapat pada komputer anda seperti hard disk, prosessor, dan bagian internal komputer lainnya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *