Apa itu LiFi ?

Sesuai namanya Light Fidelity (LiFi), teknologi LiFi adalah teknologi yang mampu mengantarkan koneksi inernet melalui perantara berupa cahaya. Berbeda dengan WiFi yang menggunakan meidum berupa gelombang radio dengan rentang frekuensi 2.4 GHz atau 5 GHZ. Menurut Chief Innovation Officer Philips Lightning Olivia Qiu, teknologi LiFi memiliki potensi besar untuk era digital saat ini. Hal ini karena frekuensi radio semakin hari semakin padat. Sebagai perbandingan, LiFi memiliki kecepatan transfer data sampai sekitar 10 Gbps. Sementara WiFi dengan WLAN-11n mampu menawarkan kecepatan transfer data 150 Mbps. Kecepatan yang ditawarkan oleh WiFi bisa sampai 2 Gbps dengan WiGig/Giga-IR. Istilah LiFi sendri dikemukakan oleh profesor Harald Haas, yang tak lain merupakan seorang akademisi dari University of Edinburgh. Haas sendiri sudah mendemonstrasikan LiFi sejak tahun 2011 dalam forum TED Global di Edinburgh, Jerman.

Bagaimana cara kerja LiFi ?

Li-Fi hanya dapat bekerja apabila sumber cahaya yang ada pada masing-masing perangkat saling terhubung. Sumber cahaya yang dimaksud dan yang bisa digunakan yaitu seperti LED atau detektor foto (Light Sensor). Kemudian saat cahaya LED menyala, maka cahaya sensor pada ujung perangkat yang lain akan mendeteksinya dan mengartikannya sebagai biner yang sama. Intinya, LiFi dapat bekerja apabila cahaya pada masing-masing perangkat saling berpasangan atau terhubung. Jika dilihat sepintas, cara kerja teknologi ini hampir-hampir mirip dengan Bluetooth, yang mana juga harus menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya agar kemudian bisa mentransfer data.

Kelebihan dan Kekurangan LiFi

  • Kelebihan
  1. Dari segi kecepatan transfer data, LiFi jelas lebih cepat dibandingkan teknologi yang ada sekarang, seperti WiFi. Sebagai perbandingan, sampai sekarang, kecepatan tertinggi yang bisa ditangkap WiFi mencapai 7 GBps. Sedangkan LiFi, karena mengandalkan kecepatan cahaya, Lifi mampu mencatatkan kecepatan transfer mencapai 100 GBps!
  2. Teknologi ini nggak bisa menembus dinding, itu sebabnya, LiFi aman dari serangan peretas.
  3. LiFi juga mampu mengurangi polusi elektromagnetik yang dihasilkan oleh gelombang radio.
  • Kekurangan
  1. Teknologi ini hanya bisa digunakan dalam ruangan dengan lampu yang menyala terang.
  2. LiFi tidak dapat digunakan di bawah sinar matahari langsung, karna sinar matahari sendiri akan mengganggu cahaya buatan yang di gunakan untuk mentransmisikan koneksi.
  3. Bahkan LiFi tidak dapat menembus dinding,karna menggunakan cahaya sebagai media transmisi.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *