Assalamualaikum wr.wb. dan selamat pagi, siang, malam sesuai waktu kalian membaca artikel ini wkwkwkw :D. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit mengenai cara mengganti SSID & Password di Access Point TP-Link. Sebelum masuk ke tahap konfigurasi, kita kenali terlebih dahulu Apa itu Access Point ?

 

Apa Itu Access Point ?

Ilustrasi Access Point

Dewasa ini, marak sekali para pengguna internet yang menggunakan akses Wifi untuk dapat terhubung dengan Internet, baik itu di kantor, sekolah atau di tempat – tempat umum lainnya. Memang bisa dikatakan Wifi merupakan sarana termudah untuk dapat berselancar di internet dengan lancar dan stabil. Akan tetapi tidak semua orang mengetahui alat yang digunakan untuk memancarkan sinyal wifi ke perangkat seperti laptop, smartphone maupun PC.

 

Pengertian Access Point

Access point adalah suatu perangkat jaringan komputer yang dapat menerima dan mentransmisikan data melalui gelombang radio. Access Point dapat menghubungkan piranti nirkabel dengan jaringan lokal memakai Wifi, Bluetooth, Wireless, dan lain-lain. Biasanya access point menggunakan router, hub atau switch sebagai perangkat keras untuk menghubungkan piranti nirkabel dengan jaringan lokal yang telah dibuat oleh administrator.

Ilustrasi Skema Hubungan Access Point, Router, Modem dan Komputer

 

Perangkat access point ini memiliki antena dan transceiver yang digunakan sebagai penerima dan penyebar sinyal untuk dihubungkan dengan peranti yang terhubung dengan access point. Untuk terhubung dengan access point, pemilik perangkat biasanya diharuskan untuk memasukkan password yang sudah dibuat oleh administrator jaringan atau pembuat access point.

 

Fungsi Access Point

Secara umum fungsi access point adalah sebagai perantara lalu lintas data dari client (perangkat yang terhubung misal laptop, smartphone, komputer dll ) dengan jaringan lokal yang telah dibuat (wifi, wireless, hotspot dll). Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

  1. Sebagai penyebar sinyal internet melalui gelombang radio kepada perangkat yang terhubung dengan access point.
  2. Sebagai penghubung antara jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel (wifi, wireless, bluetooth).
  3. Sebagai alat untuk mengatur IP Address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung ke access point, fungsi ini mirip dengan fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) .
  4. Sebagai pengaman dengan menerapkan fitur keamanan WEP atau WAP yang biasanya disebut Shared Key-Authentication(akses wifi dengan password tertentu).

 

Langkah – Langkah Konfigurasi

  1. Pastikan alamat IP, Username dan password modem TP Link dengan melihat pada bagian bawah modem TP Link yang anda miliki.
  2. Gunakan informasi yang anda dapatkan dari belakang modem TP-Link untuk login ke halaman konfigurasi Modem.
  3. Buka Browser lalu masukan IP 192.168.1.254 dan masukan Username : admin & Password : admin (Defaultnya).
  4. Setelah masuk di tampilan Interface Modem TP-Link, Arahkan pada menu Interface Setup > Wireless > WPS Setting
  5. Setelah itu teman-teman bisa mengganti SSID dan Password sesuai keinginan, Masukkan SSID : Kedai Computerworks Password : kedai2019
  6. Setelah perubahan dirasa sudah sesuai, scroll kebawah untuk menyimpan hasil konfigurasi. SSID & Password selesai diubah

 

Note : Untuk lebih jelas, silahkan tonton videonya melalui link di bawah ini. Jangan Lupa Like Comment & Subscribe. Thanks You…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *