5G Connection?

5G artinya adalah teknologi jarjngan generasi kelima. Teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui gelombang radio. Gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Sejauh ini, yang diketahui adalah 5G akan menyediakan koneksi lebih cepat, cerdas, dan lebih hemat energi ketimbang 4G.

WiFi 6 Connection?

Wi-Fi 6 merupakan standar generasi baru dalam teknologi Wi-Fi yang telah dirilis tahun 2019 lalu. Teknologi ini juga dikenal dengan sebutan 802.11ax. Kehadiran generasi WiFi terbaru tersebut membawa performa yang lebih baik dari versi terdahulu, Wi-Fi 5 (802.11ac), yang saat ini masih banyak digunakan di sejumlah perangkat.

Wi-Fi Alliance mengklaim Wi-Fi 6 mempunyai kemampuan data rate 9,6 Gbps, 40 persen lebih kencang ketimbang Wi-Fi 5 yang hanya mampu mencapai 6,9 Gbps untuk pengguna tunggal.

Hal ini dikarenakan Wi-Fi 6 menggunakan 1024-Quadrature Amplitude Modulation (1024 QAM) dan peningkatan frekuensi hingga 160 MHz yang membuat perangkat dapat menangkap sinyal dengan lebih luas.

Namun keunggulan utamanya bukan pada aspek itu, melainkan kemampuan memberikan koneksi yang empat kali lebih stabil untuk pengguna di area yang padat.

Untuk menunjang hal tersebut, Wi-Fi 6 dibekali teknologi baru yakni MU-MIMO dan OFDMA. Teknologi itu dapat meningkatkan kapasitas dan performa jaringan secara signifikan dengan penggunaan spektrum yang lebih baik.

Wi-Fi 6 diharapkan dapat menunjang kemajuan teknologi dalam berbagai bidang seperti otomotif, virtual reality, augmented reality, artificial intelligence (AI), dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *