Laravel adalah salah satu framework PHP terlaris yang digunakan untuk membantu programmer dalam membuat aplikasi web, merupakan sebuah kerangka kerja sehingga pembuat web tidak perlu menulis programnya dari awal. Framework sangat memudahkan para programmer dalam membuat aplikasinya mulai dari membuat authentikasi, layouting dan laravel juga sangat memudahkan programmer yang bekerja dengan team karena laravel adalah framework dengan konsep MVC sama dengan CI dll.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara penginstalan laravel 5.7 untuk windows user, Anda juga bisa mempelajari semua tentang laravel di situs resminya laravel.com

sebelum menginstal laravel, ada beberapa tools yang harus disediakan yaitu php, atau lebih mudahnya langsung dengan aplikasi xampp karena xampp sudah lengkap atau web server lokal lainnya. Anda bisa download Xamp di https://www.apachefriends.org/download.html

setelah xamp terinstal, diperlukan lagi aplikasi package manager untuk mengurus pemrograman php yaitu composer, Anda bisa mendapatkannya di https://getcomposer.org/download/ , silakan pilih sesuai OS Anda, di artikel menggunakan Windows.

Ada beberapa cara menginstal laravel, artikel ini akan melakukan penginstalan via composer, berikut adalah langkah-langkah penginstalan laravel 5.7 via composer :

  • buka cmd lalu pilih pilih lokal disk dan folder dimana Anda ingin menyimpan folder project laravelnya.
artikel ini akan menyimpan folder project laravel di local disk D:

  • copy script berikut ini ke cmd local disk D:
    composer create-project –prefer-dist laravel/laravel blog “5.7.*”

    tulisan blog pada script di atas akan menjadi nama folder project Anda nantinya, Anda bisa mengubahnya sebelum menekan enter atau bisa juga menggantinya setelah proses pengisntalan selesai.
  • proses penginstalan akan terproses, tunggu hingga selesai.
proses instalasi laravel, downloading package
  • jika penginstalan selesai, Anda bisa melihat hasil dengan cara mengakses nama folder project yang di download tadi, misal di artikel ini D:\>blog\ , lalu ketik ‘php artisan serve’, silakan lihat gambar berikut :
tampilan saat instalasi berhasil, silakan aktifkan servernya.
  • perintah ‘php artisan serve’ adalah perintah untuk menjalankan server local laravel. selanjutnya buka browser lalu ketik ‘localhost:800’ Anda akan mendapatkan hasil.
tampilan laravel di browser

Demikian cara instalasi laravel 5.7 via composer di windows, semoga artikel ini dapat membantu bagi teman-teman dalam melakukan penginstalan laravel 5.7 khususnya windows user.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *