Preview Interface Office Yang Baru

Microsoft merilis preview desain UI Office untuk generasi mendatang, pada preview office baru ini mengandung beberapa perubahan signifikan dari antarmuka berwarna tradisionalnya. Microsoft telah memperbaiki Officenya sejak beberapa tahun terakhir dengan sistem Fluent Design karyanya.

Perubahan yang diusung sistem Fluent Design ini berbekal ikon baru, mode gelap, dan bar penanda di bagian atas yang berwarna, hadir dengan ukuran lebih kecil dan lebih mudah untuk digunakan. Mengutip The Verge, Microsoft mengumumkan kesederhanaan lebih jauh sebagai langkah pengembangan selanjutnya dari desain Microsoft Office.

Corporate Vice President of Design and Research Microsoft Jon Friedman menyebut bahwa gelombang selanjutnya dari perubahan antarmuka pengguna Microsoft 365 akan mengeksplorasi lebih jauh efek warna merek yang memudar dari bar bagian atas aplikasi, serta mengeksplorasi perintah adaptif.

Lebih lanjut, Friedman menjelaskan bahwa perubahan ini memungkinkan pengguna memindahkan toolbar ke berbagai sisi di layar yang dinilai paling membantu dalam aktivitas komputasi, menggunakan sistem pengungkapan progresif untuk mengungkap perintah secara kontekstual. Perintah adaptif ini akan menggantikan antarmuka pita khas Office dengan toolbar yang dapat dipindahkan atau dibuat melayar di sekitar tindakan yang dilakukan pengguna di dokumen, dengan perintah kontekstual.

Microsoft saat ini tengah mengeksplorasi cara kerja antarmuka ini, namun Friedman menyebut bahwa sejumlah informasi detail terkait desain yang disuguhkan dalam teaser tersebut baru akan meluncur dalam waktu satu atau dua tahun mendatang.

Sebagai informasi, Microsoft pertama kali memperkenalkan antarmuka pita ini di Office 2007, dan kini mengaku telah siap meningkatkannya. Microsoft telah menyederhanakan desain pita pada antarmuka tersebut secara bertahap di seluruh software versi mobile dan web.

Namun desain baru yang dirilis via teaser oleh Microsoft ini dinilai sejumlah pihak menjadi langkah besar perusahaan software asal Amerika Serikat tersebut dalam meningkatkan skala desain mereka. Microsoft menyederhanakan antarmuka Office dengan lebih terfokus pada konten yang diciptakan pengguna, alih-alih pada kroma.

Perubahan lain termasuk ikon aplikasi sederhana di bagian atas jajaran aplikasi untuk mengindikasikan aplikasi Office yang pengguna gunakan, dan pencarian terpusat atau bar perintah yang tersemat di bagian tengah.

Microsoft telah menekankan antarmuka pencarian dan bar perintah ini di Office selama beberapa tahun terakhir, dan merupakan fitur yang juga dapat ditemukan di Microsoft Teams. Hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait waktu kehadiran perubahan ini di Office versi aplikasi, web dan komponen lain di Microsoft 365.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *