CSS Framework adalah kerangka kerja yang digunakan sebagai standarisasi tampilan dari desain sebuah web yang meliputi tema dan layout. CSS sendiri merupakan sebuah singkatan dari Cascading Style Sheet, menurut wikipedia css bukanlah bahasa pemrograman melainkan mirip seperti aturan yang berfungsi mengatur komponen-komponen website supaya lebih rapi dan terstruktur.

Para pengembang website biasanya membuat tampilan website terlebih dahulu menggunakan kolaborasi antara programmer dan web desainer atau bisa disebut dengan front-end developer, disinilah salah satu tempat CSS digunakan. Agar supaya dalam pembuatan CSS ini lebih mudah, maka dibuatlah CSS Framework. Fungsinya disini adalah sebagai kerangka kerja supaya dalam pembuatan tampilan website menjadi lebih mudah. Berikut CSS Framework yang populer saat ini, antara lain :

a). Bootstrap 4

Bootstrap

Bootstrap adalah sebuah library framework CSS yang dibuat khusus bagian pengembangan front-end website. Bootstrap merupakan salah satu framework HTML, CSS dan Javascript yang paling popular di kalangan web developer. Pada saat ini hampir semua web developer telah menggunakan Bootstrap untuk membuat tampilan front-end menjadi lebih mudah dan sangat cepat.

b). Semantic UI

Semantic UI

Mungkin banyak yang belum tahu tentang Semantic UI, Framework CSS ini mempunyai banyak keunggulan seperti tampilan nya yang elegan, tidak berat saat dimuat pada browser, dapat dikustomisasi sesuai kemauan developer, memiliki beberapa tema yang dapat digunakan, dan juga mudah untuk di gunakan sebagai template pada website kamu.

c). Foundation

Foundation

Foundation adalah sebuah Framework HTML & CSS yang berfungsi membuat website menjadi Responsive yang banyak digunakan oleh beberapa website terkenal, seperti Firefox dan National Geographic.

d). Materialize

Materialize

Mengenal Framework CSS Materialize. Diprakarsai oleh Alvin Wang dan teamnya, Materialize merupakan salah satu framework material design, yang banyak digunakan oleh para web developer.

Materialize bisa menjadi pilihan alternatif bagi para developer jika ingin mendesain webnya dengan hal yang berbeda, karena memiliki fitur-fitur yang berbeda dari framework lainnya.

e). Skeleton

Skeleton

Skeleton adalah Framework CSS yang mengutamakan kesederhanaan dan mengusung konsep Responsive Design. Ukuran dari framework ini sangat kecil. Selain itu Skeleton mempunyai keunggulan antara lain ringan, simple, responsive, dan mudah dipelajari. Framework Skeleton ini juga sudah support dan menyediakan layout tampilan, form, button, dan Typography.

 

Itu tadi beberapa Framework CSS yang sedang populer saat ini. Terima kasih telah membaca dengan seksama, semoga bermanfaat.~

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *