Pada saat anda masuk atau mengakses internet, hacker memiliki banyak cara untuk menyerang komputer anda, hacker tersebut tidak akan berhenti sebelum ia berhasil masuk kedalam system komputer anda. Untuk itu ada beberapa cara agar anda bisa mengetahui atau menguji apakah keamanan yang terdapat dalam komputer anda sudah berjalan dengan baik, berikut cara-caranya.

1. Melakukan test pada firewall anda

Firewall merupakan pengamanan paling dasar, tetapi firewall belum sempurna . pengaturan port yang tidak sesuai dapat mengirim flare (bahaya) ke komputer kamu atau bisa juga memberi kesempatan kepada hacker untuk melewatinya.

2. Menghapus file anda secara permanen

Anda dapat menghapus file yang tidak terlalu anda butuhkan, namun ketika anda menghapusnya bukan berarti file tersebut akan hilang, file tersebut masih tetap ada pada hard drive anda selama beberapa hari bahkan beberapa minggu. Untuk itu jika anda ingin mengetahui bahwa file tersebut sudah tidak ada , anda dapat menjalankan program pemulihan file seperti “recuva” dan mellihat apa yang ditemukan di sistem anda Jika anda tidak menemukan file yang sudah anda hapus secara permanen  maka komputer anda dalam kondisi atau keadaan yang baik.

3. Mengetest pengaturan anda

Microsoft Baseline Security Analyzer (MBSA) adalah peranglat gratis yang dapat memeriksa pengatura windows atau office pada komputer anda, mbsa akan menguji kata sandi pengguna anda dan akan memberi tahu anda apabila terdapat akun anda yang memiliki kata sandi yang lemah. Karena ini merupakan kesempatan bagi para hacker untuk bisa masuk ke sistem anda, mbsa ini juga memiliki paduan untuk berbagai jenis pengaturan, caranya cukup klik link “what was scanned” atau bisa juga “result details” untuk membacanya.

4  Mengupdate browser plug-in ada

Caranya , bukalah browser komputer anda, lalu masuk ke plugin –Mozilla lalu anda dapat melihat seluruh plug-in yang sudah terinstall di browser anda dan melihat updatetan terbarunya, untuk itu jagalah browser ada agar tetap ter-update

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *