Salah satu masalah yang merepotkan bagi para pengguna laptop adalah jika ada bagian keyboard yang tiba-tiba tidak berfungsi. Tentu saja, hal ini dapat menghambat pekerjaan seseorang dan cukup membuat kesal. Bagaimana pun, keyboard adalah salah satu bagian terpenting pada laptop. Namun karena sering digunakan, keyboard juga menjadi salah satu bagian yang paling rentan rusak. ada dua hal yang bisa menyebabkan tidak berfungsinya keyboard pada laptop, penyebabnya bisa karena software dan hardware. Cobalah untuk mengakses BIOS pada laptop Anda untuk mengetahui penyebab kerusakan ini. Caranya dengan matikan dan nyalakan kembali perangkat laptop Anda. Tekan tombol F2 atau Delete berulang kali ketika laptop sedang proses booting. Apabila Anda bisa masuk dan menggunakan keyboard, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada software dan sebaliknya. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki keyboard pada laptop yang tidak berfungsi, kurang responsif atau pun rusak.

  1. Kerusakan Keyboard pada Software Masalah paling umum yang sering terjadi adalah seluruh keyboard tidak merespons secara tiba-tiba. Hal ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada software/driver keyboard Anda. Cobalah untuk melakukan restart laptop Anda yang kemungkinan bisa memperbaiki masalah ini. Jika Anda tidak bisa lakukan restart dari menu start, tahan tombol power selama 5 detik dan laptop akan restart. Apabila cara ini belum mampu menyelesaikan masalah tersebut, Anda bisa mencoba untuk menginstal ulang driver keyboard pada laptop Anda. Terkadang driver yang mengelola keyboard Anda dapat mengalami masalah, terutama jika Anda sering menginstal perangkat lunak pihak ketiga dan/atau Anda sering mematikan laptop tanpa perintah Shut Down. Buka menu Start atau di kolom pencarian ketik “Device Manager.” Cari dan pilih pada bagian yang bertuliskan “Keyboard.” Klik kanan pada bagian tersebut dan pilih “Uninstall Driver.” Lakukan restart, dan Windows akan secara otomatis memasang driver bawaan untuk keyboard Anda yang dapat membuatnya berfungsi secara normal.                                                 
  2. Kerusakan Keyboard pada Hardware Penyebab lain yang memungkinkan kerusakan ini terjadi yaitu adanya masalah pada hardware. Misalnya ada debu atau kotoran yang menumpuk hingga menghambat respons pada keyboard. Hal paling dasar yang bisa Anda lakukan adalah dengan memiringkan laptop pada sudut 45 hingga 75 derajat dan goyang-goyangkan laptop tersebut untuk menyingkirkan kotoran didalamnya. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan vakum pembersih keyboard yang dapat dengan mudah membersihkan setiap celah pada tombol keyboard laptop Anda. Baterai laptop juga kadang kala dapat menyebabkan masalah gagalnya fungsi pada keyboard, apalagi jika baterai terlalu panas. Anda bisa coba matikan laptop, lepaskan baterai, lalu pasang kabel daya. Cobalah untuk me-restart laptop tanpa baterai yang terpasang. Apabila keyboard dapat berfungsi saat baterai dilepas, kemungkinan Anda perlu mengganti baterai tersebut dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *