Assalamu’alaikum, wr.wb

Selamat datang kembali sahabat hardware. Kali ini tentang cara melihat tipe motherboard tanpa menggunakan aplikasi. Mungkin kata motherboard sudah tak asing lagi ditelinga kita semua. Namun, mungkin tak sedikit pula diantara kita yang masih bertanya-tanya, apa itu motherboard? Nah motherboard itu adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard bertugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA). Fungsi utama motherboard sendiri ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dulu model motherboard yang ada, hal ini bertujuan agar apabila kita sedang dihadapkan pada situasi dimana kita diharuskan untuk mengupgrade drive, membeli hardware baru (membeli RAM misalnya) tidak salah dalam penggantiannya. Berikut beberapa cara melihat tipe motherboard tanpa menggunakan aplikasi

  1. Metode Biasa

Mungkin cara tercepat dan termudah untuk mencari tahu model motherboard anda adalah dengan menggunakan system utility info windows sendiri. User Windows 10 dapat mengakses menu ini lewat  “Start” dan ketik “System Information” dan pilih aplikasi. Cara alternatifnya adalah, tekan Windows key + R untuk membuka kotak jendela “Run”, lalu ketik “msinfo32” dan pencet Enter. Yang masih menggunakan Windows 7 , dapat menggunakan Run command diatas, atau diantara Start menu dan  klik di All Programs > Accessories > System Tools, lalu pilih System Information utility. Di dalam System Information anda akan menemukan model dan pembuat motherboard anda di System Summary section:

  • Command Prompt (CMD)

Cara sederhana tanpa software untuk mengetahui tipe / merk detail spesifikasi dari motherboard komputer ialah dengan menggunakan CMD. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • buka command prompt, caranya tekan Win+R atau di bagian search, silahkan ketikkan cmd lalu tekan Enter
  • Setelah command prompt terbuka, silahkan ketikkan / copy perintah ini wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber lalu tekan tombol enter, maka akan tampil informasi lengkap mengenai rincian tipe motherboard dari komputer anda. Seperti gambar dibawah ini
  •  Cara selanjutnya yaitu melalui Direct Diagnostic Tools

Untuk membuka DirectX Diagnostic Tool, kita harus membuka terlebih dahulu Run. Caranya cepatnya, yaitu menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol Windows + R.

Setelah Run terbuka, langsung saja ketikkan dxdiag dan lalu tekan OK atau Enter. Maka, secara otomatis akan terbuka kotak dialog DirectX Diagnostic Tool. Pada tab menu System, di sini kamu dapat melihat merk atau nama perusahaan pembuat motherboard beserta modelnya yang berada tepat di bawahnya.

Lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *