Aplikasi Files by Google yang memudahkan pengguna ponsel Android untuk mengatur file-file mereka dan juga membantu membersihkan file ‘sampah’, mendapatkan pembaruan fitur. Adapun fitur baru yang ada pada aplikasi tersebut yakni, sebuah fitur fitur Safe Folder yang dapat pengguna pakai untuk menyimpan file privat atau file rahasia, Folder ini hanya dapat diakses dengan cara memasukkan 4 digit PIN. Kabar ini menegaskan temuan dari XDA Developers pada Juni lalu, yang mendapati bahwa fitur Safe Folder sedang dalam tahap pengembangan.

Folder file yang sudah diproteksi itu, akan terkunci secara otomatis dan disembunyikan begitu pengguna beralih menggunakan aplikasi lain. Sehingga folder yang sudah diproteksi atau disembunyikan itu hanya bisa diakses menggunakan Files by Google. Cara kerjanya mirip dengan fitur enkripsi. Artinya, pengguna mesti mengingat 4 digit PIN yang menjadi kunci. Jika pengguna lupa, ia tidak akan dapat mengakses files yang ia simpan di dalamnya.

Google menjelaskan, jika fitur itu dibuat khusus untuk para wanita pengguna Android. Pasalnya, berdasarkan riset yang telah mereka lakukan, rata-rata wanita pengguna Android menggunakan perangkat mereka secara berbagi dengan keluarga atau rekan dekatnya. Fitur tersebut akan mencegah kesalahan penghapusan, seperti secara tidak sengaja terhapus oleh anak-anak. Dan tentu saja, bisa membantu para pengguna untuk mengamankan “foto pribadi” mereka.

 

Namun ada hal terpenting yang harus dipahami pengguna jika menggunakan fitur keamanan yang ada pada Files by Google, atau aplikasi yang sejenis. Dengan memindahkan file pribadi dan rahasia untuk disembunyikan menggunakan aplikasi, maka file itu akan berpindah dan tak lagi ditemukan di Galeri atau diakses oleh browser. 

 

Jadi pastikan jika pengguna hendak melakukan penghapusan atau uninstall Files by Google atau semacamnya, untuk memindahkan kembali file yang sudah diamankan itu ke tempat semula. Sebab, ketika aplikasi Files by Google terhapus, maka seluruh data termasuk file yang sudah disembunyikan akan turut hilang. Hal ini termasuk juga bisa terjadi jika pengguna lupa akan password PIN yang digunakan.

 

Google menambahkan jika fitur keamanan ini sudah bisa digunakan pada Files by Google versi terbaru. Lebih lanjut, versi yang dimaksud adalah untuk versi 1.0.323. Aplikasi ini belakangan mulai mendapatkan tempat di hati pengguna Android. Hingga saat ini aplikasi Files by Google sudah memiliki sebanyak 150 juta pengguna aktif setiap bulan dari total keseluruhan pengguna Android yang ada di seluruh dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *