Apa Itu Kali Linux

Kali Linux Merupakan sistem operasi distro turunan Debian yang di kembangkan untuk Offensive Security dan juga sebagai penerus BackTrack yang biasa digunakan untuk melakukan peretasan terhadap suatu jaringan. Kali Linux telah dikembangkan serta didanai Offensive Security. Sama dengan pendahulunya yaitu BackTrack. Saat ini Kali Linux telah dikembangkan dengan cara open source serta tentu bisa didapatkan secara gratis. Anda dapat melakukan perubahan di Kali Linux sesuai dengan keinginan anda, ada banyak lebih dari 300 tools yang harus di penerration testing dalam Kali Linux.

Penampilan yang ada pada system operasi yang mempunyai basis Linux ini dari segi penampilannya sangat sederhana serta tidak mencolok, penggunaan masuk golongan mudah, dengan demikian sangat bagus digunakan untuk pemula yang ingin melakukan penetration di jaringan. Bukan hanya di PC saja, adanya Kali Linux dapat menciptakan ROM yang ada di system Android yang dikenal dengan Kali Nethunter yang punya fungsi sama.

Sejarah Kali Linux

Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU , yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server , dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel , Dell, Hewlett-
Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop , superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video ( PlayStation 2 , PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software). Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web , bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME ,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org , KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.

Fitur-Fitur Kali Linux

1. Open Source Git Tree

2. Gratis sampai kapanpun

3. Dukungan Perangkat Wireless yang luas

4. Terdapat lebih dari 300 Tools Penetration Testing yang sudah disempurnakan

5. Dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan user itu sendiri

6. Lingkungan pengembang yang aman

7. Mempunyai banyak sekali bahasa

8. Modifikasi kernel yang sudah di patch untuk injection

9. Mengikuti FHS Complaint

10. Mendukung ARMEL dan ARMF

Kesimpulan

Kali Linux merupakan sebuah sistem operasi turunan yang berasal dari Debian dan juga merupakan penerus dari BackTrack. Yang mana dalam Kali Linux cukup mudah digunakan oleh pemula. Terkhusus bagi pemula yang ingin belajar dalam melakukan peretasan jaringan, bisa mempelajari sistem operasi ini. Fitur – fitur Kali Linux sendiri juga beragam seperti mempunyai 300 lebih alat penetration testing, Gratis sampai kapan pun, Open source git tree, Mengikuti FHS complaint, hingga Dukungan perangkat wireless yang luas.

Nah, buat anda yang ingin belajar hacker sangat disarankan mengetahui definisi hingga fungsi dari Kali Linux. Karena biasanya setiap kernel dari kali linux sangat flexibel dan dapat beradaptasi dengan turunan linux lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *