Pada kesempatan kali ini saya mau share masalah yang barusan saya hadapi yaitu laptop langsung masuk BIOS ketika di hidupkan padahal tidak menekan tombol untuk masuk BIOS.
Laptop yang bermasalah adalah laptop ASUS A46c.
Awalnya sih saya sempat bingung barusan dapet masalah seperti itu, searching2 di google nyobain semua cara tetap saja tidak bisa.
Akhirnya langkah terakhir saya coba yaitu bongkar laptopnya terus cabut batterei CMOS nya beberapa menit dan kemudian pasang kembali dengan harapan mau reset pengaturan BIOSnya.
Setelah itu saya coba hidupkan laptop melalui mobo nya langsung, dan Alhamdulillah laptopnya kembali normal lagi.
Setelah tau laptopnya saya pasang kembali semua komponen yang saya bongkar dan ketika di tes lagi tiba-tiba penyakit si BIOS otomatis kembali lagi.
Sempet bingung dan pusing kenapa bisa muncul lagi penyakit BIOS nya.
Kemudian saya bongkar lagi dan tes melalui mobo, eh normal lagi laptopnya. Saya pasang lagi semua komponennya dan tes lagi, kembali lagi itu penyakit.
Akhirnya saya bertapa beberapa menit sambil menganalisa kenapa bisa muncul hilang itu BIOS.
Dan akhirnya dengan diawali Bismillah saya bongkar kembali itu laptop dan saya tes tidak memasang flexible keyboardnya (keyboard tidak aktif). Kemudian saya tes hidupkan laptopnya dan normal kembali, saya pasang keyboard dan hidupkan muncul lagi biosnya.
Ternyata permasalahannya ada pada keyboard laptop. Saya ambil pembersih keyboard dan saya bersihkan tombol-tombol pada keyboard satu per satu. Kemudian saya hidupkan kembali dan laptop kembali normal.
Mungkin itu saja yang sempat saya share, semoga bermanfaat…

“Get and Share”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY