Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit tentang cara sharing data peer to peer. Sebelum masuk ke inti pembahasan, kami akan menjelaskan terlebih dahulu sifat jaringan komputer.

Sifat Jaringan Komputer

  1. Peer To Peer

Dalam jaringan Peer To Peer, semua komputer memiliki hak akses yang sama, setiap komputer yang terhubung dapat saling berbagi sumber daya tanpa harus dikendalikan oleh satu komputer. Jadi intinya, jaringan Peer To Peer adalah jaringan dimana semua komputer dapat bertindak sebagai server maupun client.

  1. Client-Server

Server atau penyedia layanan adalah komputer yang memberikan layanan untuk komputer client. Layanan ini bisa berupa data dan akses. Sementara Client adalah komputer yang menerima layanan/fasilitas yang disediakan oleh komputer server. Jadi intinya, jaringan Client – Server adalah jaringan dimana di dalam jaringan tersebut ada satu komputer yang sudah ditugaskan untuk menjadi server dan komputer yang lainnya hanya bertindak sebagai client.

 

Nah,  kali ini kami akan mengimplementasikan bagaimana cara sharing data melalui jaringan peer to peer.

Alat & Bahan

  1. 2 buah Laptop/PC.
  2. Kabel UTP (Unshield Twisted Pair), dalam hal ini kami memakai kabel UTP jenis straight-through sesuai dengan fungsinya yaitu untuk menghubungkan perangkat yang sama (Laptop dengan Laptop). Jika teman-teman menggunakan perangkat yang berbeda (Laptop dengan Switch), gunakanlah kabel Cross-Over.

Langkah – Langkah Konfigurasi

  1. Hubungkan kabel LAN pada PC1 dan PC2
  2. Lakukan Konfigurasi IP pad PC 1Masukkan :IP Address PC 1 : 192.168.1.1Default Gateway : 192.168.1.2

  3. Lakukan konfigurasi IP pada PC 1Masukkan :IP Address PC 1 : 192.168.1.2

    Default Gateway : 192.168.1.1

  4. Setelah selesai memberikan IP untuk masing-masing PC, langkah selanjutnya adalah melakukan tes koneksi. Lakukan ping IP Address dari PC1 ke PC2 dengan cara masuk ke Command Prompt dan ketikkan perintah “ping 192.168.1.2” kemudian Enter.
  5. Lakukan hal yang sama untuk ping IP Address dari PC2 ke PC1. Jika tidak terdapat kendala maka PC yang kita ping akan membalas ping kita dengan jawaban “reply from ip address” bla bla bla… :D.
  6. Setelah tes koneksi berhasil, maka kedua PC tersebut sudah saling terhubung dan dapat melakukan sharing data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *