11

Dalam Linux, pembagian hak akses pemakai atau user dibedakan menjadi dua. Yaitu user biasa $ dan super user # (root).Dengan hak akses super user, kita diperbolehkan merubah, menambah, dan menghapus file konfigurasi system yang ada. Berbeda dengan user biasa, yang memiliki hak akses terbatas.Perbedaan antara user biasa dan super user, ditandai dengan symbol “$” dan “#” pada terminal. Untuk login ke super user, gunakan perintah su.

Kenapa dibatasi ? Konsep yang digunakan Linux dalam penggolongan hak bagi user adalah demi mencegah kemungkinan hal yang tidak diinginkan oleh user dan tentu oleh sistem secara keseluruhan. Misal, terhapusnya program yang digunakan oleh orang banyak, atau terbacanya email orang lain oleh user tertentu atau terinfeksinya sistem dengan virus tertentu. Yang lebih ekstrim lagi misalnya, menghindari terhapusnya isi direktori atau bahkan harddisk anda.

Root biasanya melakukan aktivitas utama dari sistem administrator. Dengan meggunakan login root, seseorang yang memiliki niat buruk dapat melakukan hal yang tidak diinginkan terhadap sistem. Karenanya, login sebagai ´root´ biasanya akan dibuat se´eksklusif´ mungkin dan dijaga ketat (terutama untuk sistem besar). Bahkan seorang sistem administratorpun hanya akan menggunakan root ini seperlunya saja. Bila telah selesai dengan pekerjaan mengadministrasi sistem untuk keperluan tertentu pada root, maka segera logout.

Memang ada kemudahan untuk sistem administrator bila saat bekerja sebagai user biasa, perlu segera mengadministrasi sistemnya, tersedia fasilitas yang memungkinkan user biasa menjadi root selama dia memiliki password root. Dengan menjadi superuser dan memasukan perintah su dan memberikan password, maka user biasa naik pangkat menjadi superuser tanpa perlu logout dan login dulu.

Pembagian ´hak´ khusus dan biasa ini dilakukan dalam Linux demi keamanan sistem. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya infeksi atau kerusakan pada sistem serta untuk melindungi hak user lain ynag berada pada sistem yang sama.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY