Pengertian Solid State Drive (SSD)

0
56

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian SSD atau Solid State Drive adalah media penyimpanan generasi terbaru yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori tempat penyimpanan data. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 dengan kapasitas berukuran 120gb. SSD dapat kita anggap sebagai versi canggih dari usb flash drive yang  sering kita gunakan dan akan sesegera mungkin sebagai pengganti harddisk pada komputer saat ini. cara kerja SSD adalah dengan menggunakan apa yang disebut flash memori berbasis NAND, yang merupakan jenis memori non-volatile yang dimana memori tersebut tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan suplainya tidak ada yang merupakan prinsip dasar dari sebuah memori permanen. SSD dalam perkembangannya memiliki beberapa kapasitas mulai dari 120gb, 128gb, 256gb serta yang paling terbaru adalah SSD keluaran SEAGATA berkapasitas 60TB yang dipamerkan pada Konferensi Flash Memory Summit 2016 di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Gokil kan guys.

Ukuran dan Berat
SSD yang tersedia sekarang adalah 2,5 inci, itu berarti SSD ini hanya diperuntukan untuk penggunaan laptop. Seiring dengan semakin kecilnya ukuran laptop dan semakin banyaknya pengguna PC tablet untuk menjelajahi web, Anda akan dapat melihat kemampuan SSD yang dapat beradaptasi dengan mudah dengan ukuran laptop.

Tanpa komponen yang bergerak, produk SSD adalah opsi penyimpanan tertipis yang ada. Komponen yang bergerak khususnya bagus untuk PC yang tipis dan ringan serta desain yang kompleks.

Efek yang ditimbulkan                                                                                           Konsumsi daya listrik sangat kecil, SDD cukup butuh daya kurang dari 1 watt. Tidak ada putaran motor dan piringan membuat SDD sama sekali tidak berisik.

Kecepatan Baca dan Tulis Data
SSD menyediakan kinerja puncak untuk booting dan kinerja baca/tulis yang tinggi untuk mendukung komputasi yang memerlukan kapabilitas multi tugas yang lebih baik. Pada bagian inilah SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan. Kecepatan baca tulis SSD bahkan 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit.

Fragmentasi
SSD kita tidak perlu pusing memikirkan persoalan tenang fragmentasi karena data tersimpan pada chip flash.

Ketahanan
SSD terlihat lebih awet hanya karena desain solid state-nya. Tanpa komponen yang bergerak, SSD dapat bertahan dari benturan, terjatuh, dan suhu ektrem yang lebih tinggi.

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY