Hallo selamat siang. Yups KeDai Share kembali lagi ingin share tentang Ionic Framework.

Apa itu Ionic Framework ?

Ionic adalah platform yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile secara hybrid. Hybrid adalah Pemrograman Web yang yang ditransformasikan menjadi kode native pada platform seperti iOS atau Android. Jadi Ionic sendiri mentargetkan Programmer Web agar bisa membuat aplikasi Mobile dengan Teknologi Web. Artinya Programmer Web yang ingin menjadi Programmer Mobile tidak perlu belajar Java atau Objective C atau C# untuk membuat versi Aplikasi dari layanan webnya. Inilah pandangan dari pendiri Ionic.

Kelebihan Ionic Framework

  1. Lisensi Opensource

Ionic platform menggunakan lisensi opensource, jadi kita boleh membuat aplikasi free ataupun comercial dengan Ionic.

2. Menggunakan Teknologi Web Terbaru

Ionic memanfaatkan AngularJS untuk implementasi logicnya. Mengapa tidak memakai jQuery? karena jQuery terkenal lambat di mobile sedangkan Angular menawarkan performa dan respon cepat serasa aplikasi native.

3. Target Hanya untuk Android 4 dan iOS 7 Keatas

Target Ionic untuk android 4+ dan ios 7+, artinya bagi yang suka mengupdate perkembangan teknologi, kita tidak perlu khawatir akan kompabilitas dengan sistem operasi yang lama. Karena itu ionic sangat cocok untuk anda yang mengembangkan aplikasi mobile versi terbaru.

4. Berbasis Apache Cordova /Phonegap

Ionic merupakan framework dari Cordova/Phonegap. Sehingga semua plugin dari Cordova bisa digunakan di Ionic, terutama plugin hardware untuk Android atau iOS.

Apa yang harus dipelajari terlebih dahulu ?

Untuk mempelajari Ionic ada beberapa point yang harus di pahami terlebih dahulu, beberapa point berikut harus dikuasi untuk memungkinkan pembuatan aplikasi, berikut beberapa materi yang harus di pahami terlebih dahulu :

  1. HTML5/CSS/Javascript
  2. AngularJS
  3. NodeJS/NPM
  4. Phonegap/Apache Cordova

Tool Resmi Ionic

Ionic CLI

Ionic CLI adalah tool command line yang digunakan untuk membuat project dan menjalankan project. Masih banyak fitur dari ionic CLI ini, silahkan lihat dokumentasinya di IonicCLI .

Ionic Lab

Ionic Lab adalah solusi bagi kita yang ingin kenyamanan. IonicLab adalah Versi GUI dari Ionic CLI, anda tinggal klik untuk melakukan operasi operasi yang semula harus mengetikan perintah di Console.

Ionic Creator

Ionic Creator adalah produk gratis yang akan memudahkan anda mendesain tampilan UI dari aplikasi. Ionic Creator sendiri adalah WebApp artinya anda harus mengaksesnya lewat Browser. Untuk Akun gratisnya kita hanya bisa mendesain satu aplikasi saja, Jika ingin lebih harus membeli paket Premium. Kita bisa mencobanya di IonicCreator.

Ionic ViewApp

Aplikasi ini adalah Aplikasi Android. Fungsi utamanya adalah mempreview program Ionic langsung dari Android. Aplikasi yang bisa di preview oleh ViewApp bisa aplikasi yang kita buat atau aplikasi orang lain yang dishare di Ionic Market.

 

Sumber:

http://www.malasngoding.com/pengenalan-ionic-framework/

https://www.codepolitan.com/apa-bedanya-aplikasi-native-hybrid-dan-web

1 COMMENT

LEAVE A REPLY