1. Motherboard PC

1

Gambar. Motherboard Komputer

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain seperti processor, video card, RAM, hard disk, dan lain sebagainya. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing seperti jenis slot processor apa yang didukungnya, jenis slot RAM, dan sebagainya. Komponen-komponen yang umumnya ada dalam sebuah motherboard antara lain :

 

1.1 Socket Processor

Processor

Gambar. Soket Prosesor

Socket Processor adalah tempat dimana Prosesor dipasang. Prosesor adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan atau bisa disebut prosessor sebagai Otak Komputer. Socket prosesor berbeda-beda, seperti : socket AM2 (soket processor AMD), socket LGA (soket processor Intel), atau lain sebagainya.

 

1.2 Slot PCI

Slot PCI 12
Gambar. Slot PCI

  • Slot PCI

Ini adalah slot ekspansi di mana berbagai kartu plug in, pada soket ini dapat dipasang beberapa kartu ekspansi seperti kartu modem, kartu jaringan dan lain-lain ke komputer.

  • Slot PCIe x1      

Slot untuk memasang peripheral card lain selain VGA.

  • Slot PCIe x16    

Soket untuk memasang kartu grafis generasi baru. Banyak motherboard memiliki 2 atau lebih slot PCIe x16 untuk pemasangan dan menjalankan dua kartu grafis secara bersamaan. Teknologi saat ini di upgrade untuk komponen PCI Express (PCIe). Dengan PCIe, data gambar atau video mengalir lebih cepat melalui kartu ekspansi VGA card.

1.3  Slot AGP

SLOT AGP
Gambar. Slot AGP

The Accelerated Graphics Port adalah kecepatan tinggi point-to-point saluran untuk melampirkan kartu grafis terutama untuk membantu dalam percepatan grafik komputer 3D. Sejak tahun 2004, AGP dihapus  dan digantikan dengan slot PCI Express (PCIe).

 

1.4 Port IDE

PORT IDE

Gambar. Port IDE

Ini adalah tempat di mana ATA100/133 hard drive dan drive CD atau DVD optik terhubung jika komponen tersebut adalah tipe IDE.

 

1.5 Slot Memory

Slot Memory

Gambar. Slot Memory

RAM

Gambar. RAM

Slot Memory adalah slot atau tempat yang digunakan untuk memasang RAM. RAM (Random Access Memory), adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara (tidak permanen) dari suatu program yang sedang kita jalankan. Jenis-jenis RAM bermacam-macam, seperti :  SDRAM, DDR1, DDR2, ataupun DDR3.

 

1.6 Socket ATX Power

Socket ATX

Gambar. Socket ATX Power

Ini adalah soket di mana konektor power ATX dari power supply dengan 20 +4 pin terhubung ke motherboard. Fungsinya untuk memberi daya pada Motherboard.

 

1.7 Port SATA

Port SATA

Gambar. Port SATA

Port SATA adalah port yang digunakan untuk menghubungkan Motherboard dengan Harddisk, CD/DVD ROM. SATA memiliki banyak keunggulan termasuk ramping, kabel fleksibel dan link serial sederhana.

Harddisk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data permanen. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop.

Harddisk

Gambar. Harddisk

 

1.8   Port Floppy Disk

Port Floppy Disk

Gambar. Port Floppy Disk

Port Floppy Disk adalah Port yang digunakan untuk menghubungkan Motherboard dengan Floppy Disk. Floppy Disk adalah media penyimpanan data yang digunakan pada Komputer.

 

1.9   FAN / Kipas

FAN,Kipas

Gambar. FAN / Kipas

FAN adalah alat yang digunakan untuk mendinginkan atau memberi pendinginan pada prosesor karena saat menggunakan komputer maka prosesor akan menjadi panas. Sangat penting menggunakan motherboard dengan kipas / FAN yang banyak terpasang untuk untuk proses pembuangan panas.

 

1.10  Heatsink

Heatsink

Gambar. Heatsink

Heatsink Komputer adalah logam yang didesain khusus yang terbuat dari tembaga atau alumunium, yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah processor, dan membantu proses pendinginan processor itu sendiri.

 

1.11  Battery CMOS

Battery CMOS

Gambar. Battery CMOS

Baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) merupakan sebuah battery yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Digunakan Untuk menyimpan waktu pada Komputer (time setting) serta bisa untuk menyimpan setting BIOS.

 

1.12  Chipset

Chipset

Gambar. Chipset

 

Merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan daya dan transfer dapat pada soket maupun port yang terpasang pada motherboard. Chipset terdiri dari 2 bagian yaitu northbridge dan southbridge.

Southbridege dan Nortbridge

Gambar. Chipset Southbridge dan Northbridge

  • SOUTHBRIDGE

Di bawah heatsink itu terdapat chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk, optical drive, USB ports, dan slot tambahan PCI Express. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan, maka kini chipset ini dilengkapi dengan heatsink agar lebih stabil.

  • NORTHBRIDGE

Chipset yang terdapat di bawah heatsink yang dilengkapi kipas ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card, processor, dan memory. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express.
1.13  Front Panel

F Panel

Gambar. Front Panel

Front Panel berfungsi untuk menghubungkan motherboard pada Tombol Power, Reset, dan juga untuk membuat lampu-lampu LED menyala. Seperti HDD LED.

1.14  Back Panel

Back Panel

Gambar. Back Panel

  1. Port Paralel (LPT1 atau LPT2) : Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara paralel. Contoh peralatannya adalah printer dan scanner.
  2. Port Serial (Com 1, Com 2) : Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data      secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah mouse dan modem.
  3. Port AT/PS2 : Umumnya digunakan untuk masukan konektor keyboard dan mouse.
  4. Port USB : Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah camera digital, scanner, printer USB, handycam, dan peraltan tambahan eksternal.
  5. Port VGA : Port yang berhubungan langsung dengan layar. Port ini terdapat pada motherboard yang menggunakan chipset VGA on board atau menggunakan VGA card yang diletakkan pada slot AGP.apabila didalam motherboard belum terdapat port VGA maka harus menambah VGA Card.
  6. Port Audio : Port yang berhubungan langsung dengan peraltan audio, misalnya tape, radio, speaker, atau mikrofon. Motherboard sekarang sudah banyak yang menggunakan chipset audio on-board.
  7. Port LAN : Port yang dihubungkan dengan kabel LAN/jaringan yang menggunakan kabel konektor jenis RJ45. Port ini sudah terdapat pada motheboard, karena seringkali chipset motherboard sudah memberikan fasilitas LAN on-board pada motherboardnya.

 

2. Motherboard Laptop

MB laptop

Gambar. Motherboard Laptop

Motherboard adalah salah satu komponen utama pada sebuah laptop. Semua komponen internal terhubung ke system board ini. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengganti motherboard suatu brand laptop dengan mainboard brand lain.

2.1 Processor Laptop

Processor Laptop

Gambar. Processor Laptop

Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sebuah komputer laptop. Prosesor adalah salah satu komponen utama dalam laptop. Prosesor terhubung langsung ke mainboard melalui soket prosesor atau soket CPU.

2.2 RAM Laptop

Slot RAM

Gambar. Slot RAM Laptop

RAm

Gambar. RAM Laptop

Slot memori di laptop sangat berbeda dengan slot memori komputer, ukurannya pun berbeda. Ukuran memori komputer hanya setengah dari memori komputer, otomatis tempat pemasangannya pun berbeda

RAM Berfungsi sebagai penyimpanan data yang bersifat sementara. Bermacam-macam jenis memori RAM tergantung dari system cara kerja dan desainnya. Notebook menggunakan jenis memori DDR-SDRAM, DDR2-SDRAM, dan DDR3-SDRAM.

2.3 Battery CMOS Laptop    

CMOS

Gambar. CMOS Laptop

Setiap laptop pasti memiliki baterai CMOS juga dikenal sebagai RTC baterai. Baterai CMOS terhubung langsung ke motherboard laptop dan membantu mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utama dikeluarkan.

2.4 FAN dan Heatsink Laptop

Fan Hetasink

Gambar. FAN / Kipas Laptop

FAN dan Heatsink merupakan bagian dari cooling system pada sebuah laptop. FAN ini akan membantu mendinginkan Heatsink dan akhirnya mendinginkan Chipset yang ada di Mainboard (termasuk Processor). Biasanya kipas pendingin CPU merupakan bagian dari heatsink dan terletak diatas logam heatsink dan logam inilah yang menyalurkan panas dari chipset.

2.5 Power Adapter AC /  DC

Power Adapter

Gambar. Power Adapter AC / DC Laptop

Power Adapter AC/DC memungkinkan anda untuk mengkonversi daya AC bertegangan tinggi dari sumber listrik utama ke daya DC bertegangan rendah yang tersedia pada laptop.

2.6 Battery Laptop

Battery

Gambar. Battery Laptop

Fungsi dari baterai disini sangat penting karena baterai disini berfungsi sebagai penyimpanan daya laptop, sehingga kita tidak selalu mengandalkan listrik dari steker dan dari sinilah fungsi laptop sebenarnya yakni sebagai gadget yang portable. Daya tahan baterai laptop tergantung pada berbagai kondisi dan keadaan misalnya: pengaturan kecerahan layar, intensitas program berjalan, suhu lingkungan kerja, dll.

2.7 Harddisk Laptop

Harddisk

Gambar. Harddisk Laptop

Hard drive atau lebih dikenal sebagai hardisk berfungsi sebagai perangkat penyimpanan yang bersifat permanen.

2.8 VGA Card Laptop

VGA

Gambar. VGA Card Laptop

VGA adalah komponen laptop yang bertanggung jawab untuk menampilkan gambar pada layar laptop maupun pada keluaran proyektor (melalui Port VGA). Pada kebanyakan laptop, kini VGA Card diintegrasikan ke mainboard. Jika video card mengalami kerusakan, maka anda harus menggati semua motherboard.

2.9 CD /  DVD ROM Drive Laptop

DVD ROM

Gambar. CD / DVD ROM Laptop

Drive CD/DVD berfungsi untuk membaca (Read) data audio video yang ada pada keeping CD/DVD, selain membaca hardware ini juga bisa digunakan untuk merekam/menulis (Write) ke dalam kepingan CD/DVD.

2.10 Wireless Card Laptop

Wireless Card

Gambar. Wireless Card Laptop

Wireless card adalah kartu jaringan nirkabel internal Laptop yang juga dikenal sebagai kartu WLAN atau kartu Wi-Fi didesain dalam berbagai bentuk ukuran.

2.11 LCD Screen Cable

LCD Screen

Gambar. LCD Screen Cable

Kabel ini berfungsi mentransfer sinyal data dari motherboard dan kartu video ke layar LCD. Kabel ini juga merupakan kabel video dengan power supply tegangan DC tinggi dari inverter layar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY