Assalamualaikum wr. wb. dan Selamat Berbahagia teman-teman sekalian.                    Pada Postingan pertama setelah lebaran, Kami mendapatkan masalah pada laptop seperti pada gambar. Langsung saja mau tau lebih jelas tentang masalah dan cara mengatasinya silahkan check it dot!!

Memperbaiki Laptop L*nov* G40-45 No Switch, No Charging. Kami baru  mendapatkan Laptop yang bermasalah seperti ini. Pada saat kami mengecas Laptop ini, jack power tidak menunjukkan led indikator charge menyala. Saat melepas baterai dan mengecas kembali pun sama halnya tidak ada tanda-tanda akan menyala dan tombol switch power on pun tidak berfungsi.

1Muncul kecurigaan pada saat indikator ampere pada PSU menunjukkan angka yang tidak stabil, Nampak angka yang berubah-ubah namun terlihat pada beban yaitu, 0.00A -0,04A, 0,00A dan 0,05A. Saat baterai tidak terpasang, hal ini mengindikasikan gejala short.

2

Pada kenyataannya masalah terdapat pada motherboard, bukan charger maupun tombol switch. Alhasil laptop harus di bongkar dan motherboard perlu untuk di cek pada kondisi seperti ini.

Pengecekan dilakukan dengan 2 cara:

  1. Pengecekan tegangan, pasang charger, lalu cari titik pengukuran pada tegangan 19v, jika hasil tegangan 19v tidak ada yang tetap ini pertanda short (perhatian! Short dengan indicator ampere tinggi beresiko dapat berakibat bahaya, antara lain komponen meledak dan atau mengeluarkan percikan api). Tanpa perlu lagi mencari tegangan 3v atau 5v sudah pasti tidak ada yang keluar.

3

 

  1. Melakukan pengecekan tanpa tegangan, hasil pengukuran menghasilkan tegangan pada semua titik 19v positif short.

4

 

Masalah seperti ini, pada umumnya mudah di selesaikan tapi pada Laptop kali  ini agak sedikit mengerutkan dahi. Umumnya setiap short semestinya mempunyai komponen yang panas, tapi pada masalah kali  ini hal itu tidak terjadi ada kemungkinan short telah berlangsung lama dan hanya dibiarkan begitu saja.

Beberapa lama meperhatikan dengan seksama pada akhirnya terlihat ada bagian lapisan stiker yang meleleh, seperti pada gambar:

Melepas plastiknya,

5

Segera lakukan penggantian komponen tersebut.

6

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY