Assalamualaikum wr. wb. dan salam berbahagia untuk teman-teman sekalian. Yap, kali ini kami kembali dengan masalah laptop yang sering mengganggu teman-teman dan tentunya membuat risih serta kesal tingkat dewa. Teman-teman yang pernah mengalami atau sedang  mendapatkan masalah laptop No Display atau tidak ada tampilan, nah nantinya kami akan berikan beberapa solusi. Tanpa menunggu lama langsung saja, Lets read!!

Mengatasi laptop yang tidak memiliki tampilan, kamu ingin menyalakan laptop dan saat kamu tekan tombol power pada laptop, kamu lihat lampu daya nyala, kipas berfungsi, harddrive berjalan sebagaimana mestinya namun tak  ada gambar pada layar monitor.

Kasus ini banyak terjadi pada pengguna laptop.Pada kasus ini, ada beberapa kemungkinan pada laptop kamu yang semestinya menyalurkan daya yang tepat pada setiap komponen hardware namun mainboard tidak dapat boot karena adanya kegagalan perangkat keras atau kemungkinan bahwa mainboard boot dengan benar namun tidak dapat menampilkan gambar pada layar monitor karena komponen tersebut mengalami kerusakan.

Dari kemungkinan-kemungkinan di atas dapat menjadi penyebab laptop kamu tidak menampilkan gambar sekaligus menjadi pemecahan masalah pada laptop kamu, bisa dengan melakukan langkah demi langkah pemeriksaan hardware laptop yang akan kami bahas sebagai berikut:

Agar dapat mengatasi masalah No Display pada laptop, ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki laptop kamu. Dan, sekarang kami akan memperlihatkan tiga langkah pemeriksaan laptop untuk memperbaiki masalah laptop teman-teman.

Memperbaiki Laptop No Display

  1. Pemeriksaan Display / Tampilan

Mula-mula, coba periksa pada layar monitor laptop kamu terkadang masalahnya ialah karena tampilan layar rusak. Saat layar anda mati atau mainboard rusa kamu tidak akan pernah bisa memperlihatkan sesuatu di layar.

Demi memecahkan masalah ini, kamu setidaknya memerlukan sebuah layar eksternal untuk memastikan apakah laptop kamu bekerja dengan benar atau sebaliknya.Kalau kamu mempunyai komputer desktop di rumah, kamu bisa menggunakan monitornya untuk sementara sebagai layar eksternal daripada laptop kamu.Jangan lupa kabel VGA sebagai sambungan antara layar eksternal dan laptop.

1s

Kamu melihat tampilan boot pada layar eksternal tadi, yang berarti kamu memiliki masalah dengan tampilan layar laptop, sehingga kamu harus mengganti dengan yang baru ataupun bekas copotan laptop yang setipe dengan catatan layar monitornya masih oke untuk memperbaiki laptop kamu.Dan jika tidak, artinya juga tidak ada tampilan pada layar eksternal. Maka itu artinya tidak ada masalah pada layar monitor laptop kamu.

  1. Pemeriksaan BIOS

Terkadang sistem bios dapat menimbulkan sistem  berhenti bekerja di akibatkan beberapa sebab dan bios harus di reset ulang agar berjalan sesuai dengan fungsinya.

Untuk mereset bios laptop kamu ikuti langkah berikut di bawah ini :

  • Matikan laptop sepenuhnya dan lepaskan adaptor daya .
  • Lepaskan baterai laptop .
  • Tekan tombol power laptop selama 20 detik untuk menguras semua baterai CMOS
  • Aktifkan laptop kamu tanpa baterai dengan hanya melampirkan kabel listrik saja.

2sCara ini akan mengatur ulang sistem bios dan sekarang kamu dapat menggunakan laptop kamu seperti sedia kala. Namun laptop kamu tetap dengan sikapnya yang tadi masih menunjukkan No Display. Maka kita harus menggunakan solusi berikutnya.

  1. Pemeriksaan RAM

Pada dasarnya RAM dapat berperan penting dari pada alasan untuk masalah pada laptop kamu. Kemungkinan RAM dan mainboard kamu kotor, juga mempunyai peran terhadap masalah laptop No Display kamu sampai kamu membersihkannya atau memang RAM yang harus diganti.

Berikut Cara mengeceknya:

  • Cabut semua sumber daya seperti baterai atau adaptor daya .
  • Buka cover laptop kamu di mana RAM berada dan cabut RAM dari slotnya.(kamu  harus hati-hati ketika akan membuka Slot RAM karena ada pengunci yang bisa dilepaskan dengan mudah)
  • Bersihkan RAM laptop kamu.
  • Masukan RAM kembali ke laptop kamu dan penutup belakangnya juga.
  • Hidupkan laptop kamu untuk menguji hasilnya.

3s

Jika ada dua RAM pada laptop kamu, coba lepaskan salah satunya.Dan laptop kamu masih No Display, coba untuk memindahkan ke slot yang sedang kosong atau menggunakan RAM yang lain dan tentunya masih bagus.

  1. Pemeriksaan Mainboard / GPU

Dan semua solusi di atas tidak ada yang berhasil, bisa di pastikan kamu mempunyai masalah di mainboard.

Chip GPU juga dapat menjadi factor penyebab No Display pada laptop kamu. Dengan membersihkan Chip GPU kemungkinannya masih ada namun kecil atau kamu dapat mengganti Chip GPU.

Semoga Bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY