Assalamualaikum wr. wb. dan salam sejahtera untuk teman-teman sekalian.
Kembali lagi dengan bermacam masalah pada laptop. Kali ini masalah ada pada tempat penyimpanan data pada laptop. Ketika saya ingin menginstall ulang Harddisk tidak terdeteksi. Ternyata ehh ternyata harddisk saya mengalami kerusakan sektor/Bad Bad sector. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut. check it dot.
Bad sector adalah suatu kondisi dimana harddisk mengalami kerusakan pada sektor pada harddisk. Bad sector pada harddisk bisa terjadi pada sektor awal, sektor tengah ataupun sektor akhir dari sebuah harddisk. Dari hasil pengalaman, gejala-gejala dan tanda-tanda terjadinya bad sector pada harddisk:
  • Blue Screen (layar biru pada komputer) ketika gagal dalam proses instalasi sistem operasi (windows/Linux) pada partisi harddisk yang ada bad sector  di dalamnya.
  • Terkadang harddisk tidak terdeteksi setelah mengalami kegagalan menginstall sistem operasi.
  • Loading sistem operasi yang lama/berat karena kesulitan pembacaan/mounting pada hard disk dengan bad sector.
  • Tidak dapat mengcopy/transfer file atau data pada harddisk/partisi harddisk yang mengalami bad sector.
Kembali pada topik utama yaitu cara install sistem operasi (windows/Linux) pada harddisk yang mengalami bad sektor. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa teman-teman lakukan:
Identifikasi dan cari tahu dimana letak bad sector (Apakah pada awal sektor, tengah sector atau akhir sektor) Cara mencari tahu letak kerusakan sektor yang terjadi:
  • Fasilitas Scan Disk windows
  • Fasilitas hiren Boot CD
  • Fasilitas Boot disk

Setelah anda mengetahui dimana bad sector teradi,lakukan partisi harddisk (pembagian harddisk) menjadi dua atau tiga partisi (jangan membuat partisi pada bagian yang mengalami bad sector dan biarkan bagian tersebut pada status unalocated.

Setelah anda selesai mempartisi harddisk dan membiarkan bagian bad sector tetap pada status unalocated, langkah selanjutnya adalah menginstall sistem operasi (windows/linux) pada partisi harddisk yang sehat (tanpa bad sector)
Masukkan bootable Sistem operasi (operating system) yang ingin anda install dan lakukan instalasi sistem operasi tersebut pada partisi hard disk yang tidak ada bad sector. Selamat mencoba dan sukses

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY