Assalamualaikum Wra. Wrb.  salam sejahtera untuk kita semua.                                      Pada kesempatan kali ini kami dari divisi hardware akan kembali memberi tips-tips untuk teman-teman tentang masalah pada laptop yang sering terjadi.

Permasalahan:

Speaker Laptop Tidak Mengeluarkan Suara

Perkiraan Permasalahan dan Penyelesaian:
1. Mengganti soundcard atau kartu suara yang dimiliki oleh laptopmu

Suara yang harusnya dikeluarkan oleh laptopmu melalui aplikasi-aplikasi tertentu, pada segi fisiknya dikelola oleh perangkat keras yang biasanya disebut dengan istilah soundcard. Soundcard ini menerima instruksi dari prosesor atau pada prinsipnya dari aplikasi komputermu untuk mengeluarkan sebuah suara dengan bunyi tertentu, yang didasarkan pada kode bit tertentu. Oleh karena itulah, apabila kamu menemui kerusakan pada kartu suaramu, maka mau tidak mau kamu harus menggantinya agar laptopmu bisa mengeluarkan suara kembali.

2. Mengganti speaker laptop

Speaker adalah bagian yang bertugas untuk mengeluarkan suara setelah diproses oleh kartu suara yang dimiliki oleh laptopmu. Oleh karena itu ketika laptopmu tidak mengeluarkan suara, bisa jadi penyebabnya adalah adanya kerusakan pada bagian speaker. Dengan mengganti speaker juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptopmu.

3. Menginstall driver sound card

Permasalahan tidak keluarnya suara dari laptopmu, bisa jadi juga berasal dari adanya driver yang tidak cocok atau malah tidak terdapat driver sama sekali yang sesuai dengan kartu grafis yang kamu miliki. Akibatnya, tentu saja kartu grafis yang kamu miliki tidak akan mampu menangkap dan memproses informasi suara yang berasal dari aplikasi yang kamu jalankan.

4. Periksa kondisi setting speaker

Pastikan posisi speaker tidak dalam kondisi mute. Untuk mengeceknya, sobat bisa melihat di shortcut di bagian kanan taskbar Windows.

Buka Control Panel.
Buka Hardware And Sound -> Lalu Klik Sound
Silakan atur secara lengkap seluruh device audio disini.

5. Pastikan speaker tidak ter-disable

Hardware And Sound -> Sound. Jika kamu tidak sengaja, mendisable speaker laptop, maka nanti laptop tidak akan mengeluarkan suara.

Saat setting speaker ter-disable, speaker yang tadinya ada di daftar device audio akan tiba-tiba menghilang.

Kamu hanya perlu Klik kanan, kemudian klik -> Show Disable Device. Lalu enable speaker yang ter-disable tadi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY