Assalamualaikum wr. wb. dan salam bahagia untuk seluruh pengunjung dan pembaca situs ini. Tanpa berlama-lama lagi kali ini kami akan memberi cara atau penanganan pertama, ketika laptop mengalami koslet. Teman-teman sekalian mungkin pernah mengalami kejadian yang sama dengan judul artikel di atas. Karena kerusakan pada mainboard merupakan ketakutan dan masalah yang cukup serius untuk laptop kesayangan teman-teman. Melihat sebagian besar orang dan juga teknisi khususnya, menganggap kerusakan ini memang perlu penanganan yang special dan tidak sembarang.

Teman-teman juga kiranya setuju jika dalam menangani masalah laptop khususnya bagian mainboard harus teliti dan hati-hati tentunya.Jika kalau salah dalam penganan dapat menambah kerusakan dan atau mempengaruhi komponen lain. Adalah barang elektronik maka setiap bagian mempunyai fungsi maka tegangan kerja yang dibutuhkan juga berbeda. Maka dari itu paham sedikit mengenai skema dan komponen elektronik itu penting.

Dalam perbaikan laptop yang konslet, ada beberapa faktor yang bisa dijadikan landasan. pengalaman kami beberapa diantaranya yaitu :

  1. Lampu power pada adaptor blinking (jika adaptor memiliki lampu)
  2. Lampu led power pada laptop mati sesaat ketika diswitch on
  3. Tidak ada indikator sama sekali alias mati total

Dari ketiga kasus diatas , sebagian besar mempunyai letak konslet yang berbeda. Untuk lampu led power biasanya kerusakan terletak di bagian sirkuit regulator. Ada komponen yang short. Biasanya capasitor, mosfet atau bisa juga IC regulatornya. Kerusakan seperti ini biasa di namakan dengan kasus “short 19V”.

Pada nomor 3, dengan munculnya lampu power berarti tegangan kerja standard pada laptop sudah terpenuhi. Hanya saja ketika dinyalakan langsung drop. Ini menandakan ada part atau bagian komponen yang rusak di jalur setelah switch on/ off ditekan. Biasa di sebut “short jalur VS”.

Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY