Assalamualaikum wr. wb. dan salam sejahtera untuk teman-teman sekalian. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi cara perbaiki laptop mati total terkena air dengan cepat mudah dan aman sampai hidup kembali.Kami mendapatkan laptop teman mati total karena  tidak sengaja terkena air, sehingga menyebabkan laptop tidak bisa menyala.

1

Air sudah masuk merembes ke keyboard dan juga komponen lainnya. Kasus ini bisa jadi fatal karena dapat merusak komponen yang terdapat pada mainboard dan lagi apabila laptop masih menyala yang berarti komponen masih memiliki arus listrik. Kalau laptop terkena benda cair maka teman-teman segera tangani selama masih dapat terselamatkan laptop kesayangan teman-teman.

Ada alat yang dibutuhkan sebagai berikut :

  1. Obeng
  2. Hair Dryer (Pengering rambut )

Berikut ini langkah-langkah perbaiki laptop mati total tertumpah air dengan cepat:

  1. harus segera kamu lakukan adalah dengan mematikan atau shutdown laptop.

2

Jangan lupa lepaskan baterainya. Kalau baterai tanam jangan lupa lepaskan casing laptop terlebih dahulu. Karena laptop yang kami tangani mempunyai mesin yang tidak tahan terhadap air dan mesinnya dalam keadaan hidup, kemugkinan korsleting tenaga listrik yang menyebabkan laptop mati total.

  1. Buka Casing laptop dengan menggunakan obeng

3

Dalam pengerjaan pelepasan Casing  laptop harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai ada baut yang tertinggal. Inilah tampak penampakan lapatop setelah dilepas semua komponen didalam casing

4

Komponen yang berada didalam laptop harus semuanya terlepas untuk dilakukan pengeringan, seperti hardisk, RAM, mainboard, keyboadrd, sound, DVD-RW, Processor, kabel-kabel dan LCD juga harus terlepas dari laptop mati tersebut.

  1. Ambil Hair Dryer (Pengering Rambut )

5Setelah terlepas semua komponen dari Casing laptop mati total terkena air, ambil hair dryer atau pengering rambut. Silahkan keringkan semua komponen-komponen laptop mati total terkena air tersebut dengan menggunakan hair dryer. Dahulukan komponen yang fatal terkena air, terutama bagian Hardisk, mainboard dan komponen-komponen yang menempel di mainboard, LCD juga harus di keringkan kalau terkena air, untuk pengeringan LCD jangan terlalu dekat pada layarnya kalau terlalu dekat nanti dapat merusak LCD.

6

Setelah pengeringan dilakukan silahkan kamu periksa kembali komponen-komponen laptop mati total tersebut supaya lebih yakin. Kalau kamu merasa sudah yakin bersih dan kering dari airnya. Silahkan melanjutkan ke langkah terakhir.

  1. Sekarang Pasangkan komponen-komponen Laptop dan nyalakan kembali laptop kamu untuk memastikan apakah masih berfungsi atau tidak.

7

Dan…  laptop mati total yang disebabkan terkena air tersebut,  nyala kembali. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY