Assalamualaikum wr. wb. dan selamat berbahagia teman-teman sekalian. Kali ini kami mendapatkan masalah tentang RAM. Sebelum masuk ke permasalahannya sedikit penjelasan mengenai RAM, RAM merupakan memori penyimpanan sementara pada computer yang bersifat volatile yang memiliki peran sangat penting. RAM yang bermasalah, pernahkah kamu mengalami laptop gagal booting, lemot, layar monitor tidak tampil, laptop restart sendiri. Nah itulah permasalahan yang kemungkinan besar diakibatkan oleh RAM. Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa solusi dalam mengatasi RAM yang tidak terbaca dengan baik, bahkan setelah diganti maupun di upgrade.

 

  1. RAM Tidak Terbaca Dikarenakan Socket RAM dan RAM Kotor

Biasanya penyebab RAM tidak terbaca adalah kotoran dan atau debu yang menempel pada chips RAM dan slotnya. Inilah yang menghalangi jalur data RAM dan MAINBOARD pada laptop sehingga dari sinilah asal muasal ram tidak terbaca. Hal ini kadang ditandai dengan bunyi beep panjang terus menerus atau beep pendek berulang-ulang, tergantung dari tipe bios yang digunakan. Bila sudah seperti ini sudah jelas RAM bermasalah dan minta diperbaiki.

Solusi:

  • Ambil RAM dari socketnya kemudian bersihkan Chips RAM dengan menggunakan penghapus, gosoklah chips RAM dengan penghapus secara searah dan jangan dibolak balik, begitupun seterusnya sampai bersih.
  • Bersihkanlah Socket atau slot RAM menggunakan kuas, bersihkanlah hingga benar-benar bersih, bila sudah bersih pasanglah RAM, dan lihat hasilnya. Biasanya setelah melakukan ini RAM akan terbaca dan layar komputer akan tampil dan kamu bisa menggunakan laptopmu dengan normal.
  • Bila Anda sudah melakukan hal diatas namun ternyata RAM masih belum terbaca, coba lakukan hal diatas lagi secara berulang-ulang, kadang memang membutuhkan waktu hingga 3 kali percobaan bahkan lebih setelah itu RAM dapat terbaca dengan normal. Jangan lupa pindahkan RAM ke slot lainnya di mainboard, bisa saja bukan RAMnya yang bermasalah namun karena slotnya bermasalah oleh karena itu coba pindahkan RAM ke slot lainnya.
  • Kamu sudah melakukan hal ini secara berulang-ulang namun tetap saja tidak bisa, coba ganti RAM dengan yang lain kamu bisa meminjamnya ke teman, Setelah melakukan hal ini ternyata RAM terdeteksi berarti RAM kamu yang bermasalah, bila seperti ini maka kamu harus menggantinya.
  1. Setelah RAM di Ganti RAM Masih Tidak Terbaca

RAM tidak terbaca setelah menggantinya bisa karena berbagai faktor diantaranya RAM tidak kompatibel dengan mainboard sehingga dari hal inilah RAM tidak terbaca, RAM melebihi kapasitas slotnya jelas ini tidak akan terbaca, RAM melebihi kecepatan frekuensi mainboard ini salah satu penyebab RAM tidak terbaca.

Solusi:

  • Sebelum mengganti dan membeli RAM. Kamu harus melihat dulu min dan max spesifikasi mainboard laptop kamu, bila melebihi min dan max nya maka sudah jelas RAM tidak akan terbaca bahkan untuk melakukan Booting pasti akan gagal, maka dari itu pastikan semuanya sudah sesuai dan di dukung oleh mainboard. Ada banyak hal yang diperhatikan sebelum mengganti RAM misal slotnya harus sama dengan RAM (DDR1, DDR2, DDR3, DDR4), seri nya harus sesuai dengan mainboard, kecepatan frekuensinya harus sama dengan dukungan mainboard.
  1. Setelah RAM di Upgrade RAM Tidak Terbaca dan Kapasitanya Tak Bertambah

Hal ini sering terjadi bila kamu mengupgrade RAM laptop bahkan setelah mengupgrade kadang komputer bukannya normal malah akan menimbulkan berbagai masalah seperti gagal booting, kapasitas tak bertambah, Blue screen. Hal ini tidak lain disebabkan oleh perangkat hardware yang tak mendukung dan juga softwarenya yang tak mendukung, maka dari itu sebelum kamu mengupgrade pastikan semuanya cocok dan support dengan spesifikasi mainboard dan Sistem operasi yang digunakan, bila salah satu ada yang tak support maka dapat dipastikan masalah-masalah itu akan terjadi.

Solusi:

  • Bila kamu menggunakan 2 keping memory (RAM) 2x4GB saat mengupgrade pastikan slotnya mendukung dual chanel, tripel chanel, quad chanel, dan pasangkan kedua keping RAM tersebut ke slot yang memiliki warna yang sama, misal 1 keping ke slot yang berwarna merah maka satu kepingnya lagi ke slot merah. Dan jangan lupa RAM yang di upgrade tadi harus support dengan mainboard, pastikan juga RAM yang di upgrade memiliki spesifikasi yang sama dengan RAM disebelahnya baik seri, kecepatan frekuensi, kapasitas, bahkan mereknya pun harus sama hal ini dilakukan agar supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan seimbang.
  • Bila kamu mengupgrade dengan cara menganti RAM, artinya RAM yang digunakan 1 keping pastikan spesifikasinya sesuai dengan mainboard. Misal mainboard ada memiliki kapasitas perslotnya 4GB maka kamu harus mencari RAM 4GB dengan spesifikasi yang sesuai mainboard. jangan seperti, misal kapasitas perslot RAM kamu 4GB lalu kamu mengupgrade RAM 1 keping dengan kapasitas sebesar 8GB jelas ini tidak akan bisa terbaca. jika seperti itu lebih baik kamu mengupgradenya 2 keping, misal kapasitas perkeping 2x4GB kalau seperti ini baru bisa terbaca oleh mainboard. Intinya tidak boleh melebihi min-max spesifikasi mainboard.
  • Bila 2 keping RAM tidak ada yang terbaca salah satunya cobalah untuk mencabut salah satu RAM, dan cek satu-satu, bila kedua 2 RAM tersebut terbaca jika dipasang 1, maka Mainboard kamu tidak support bila dipasang 2 keping RAM maka dari itu cek dulu spesifikasi mainboard sebelum membeli RAM .
  • Kapasitas RAM hanya terbaca separuh padahal kamu sudah mengupgrade RAM sebesar 8GB, kapasitas terbaca separuh diakibatkan kamu menggunakan sistem operasi 32 bit, sedangkan sistem operasi 32 bit ini hanya dapat membaca kapasitas RAM maksimal 4GB lebih dari itu maka takkan bisa. Solusi agar kapasitas bisa terbaca semuanya ialah menginstall sistem operasi 64 bit, jadi RAM yang diatas 4GB lebih baik menggunakan sistem operasi 64 bit.
  • Bila kamu sudah menggunakan Windows versi 64bit tapi masih menggunakan Graphic onboard dari processor, maka itulah yang menyebabkan RAM kamu tidak terbaca sepenuhnya. Karena RAM akan share dalam jumlah tertentu untuk Graphic, solusinya gunakan VGA Card (Graphic Card).
  • Bila kamu sudah melakukan ini itu tapi RAM masih saja tak terbaca dan kapasitasnya tetap tak bertambah maka bisa diakibatkan oleh berbagai hal seperti slot RAM yang sudah rusak, RAM tidak kompatibel dan spesifikasinya tak sesuai dengan mainboard.

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY