Assalamualaikum wr. wb. dan salam sejahtera. untuk para pengunjung dan pembaca website sederhana ini. Kembali lagi dengan artikel yang mengangkat tentang masalah-masalah pada laptop yang mungkin atau sering teman-teman alami dalam keseharian menggunakan laptop kesanyangan masing-masing.

Pada kesempatan ini masalah yang kami alami adalah Laptop tidak mendeteksi jaringan wifi yang alhasil Laptop kami tidak dapat terhubung ke internet, menjengkelkan apalagi saat ada tugas yang mengharuskan browsing. Tanpa berlama-lama langsung saja Check It dot!

1. Pastikan Dulu WiFi Sudah Menyala Atau Belum
Selama ini banyak sekali kejadian yang dialami pengguna laptop karena mereka tidak menyadari bahwa WiFi dalam keadaan mati. Terkadang karena hal tersebut banyak yang frustasi gara-gara tidak bisa menemukan jaringan WiFi meskipun sedang berada di area dengan jangkauan WiFi yang kuat. Untuk itu silakan cek apakah WiFi kalian sudah dinyalakan atau belum. Jika memang dalam keadaan mati, silakan dinyalakan dengan menekan tombol WiFi yang ada pada keyboard. Biasanya setiap merk laptop memiliki tombol WiFi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya bisa kita lihat langsung ke keyboard tombol yang memiliki logo atau gambar WiFi.

2. Rusaknya Tombol Untuk Menyalakan WiFi
Selain itu penyebab WiFi yang tidak bisa menyala adalah rusaknya tombol untuk menyalakan WiFi tersebut. Untuk menyalakan WiFi di laptop biasanya kita menggunakan kombinasi tombol seperti Fn+F12 atau ada juga laptop yang menggunakan tombol khusus dan berbeda-beda pada setiap merk-nya. Tombol tersebut bisa jadi mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menghidupkan jaringan WiFi di laptop meskipun sudah dipencet berkali-kali.

Jika tombolnya benar-benar rusak, kita bisa menyalakan WiFi-nya lewat menu WiFi Adapter yang ada pada Control Panel, berikut caranya:

Klik Start -> Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change adapter settings. Lalu kita akan masuk ke menu Network Connections dan terdapat beberapa adapter di dalamnya. Untuk mengaktifkan WiFi klik kanan pada Wireless Network Connection, lalu pilih Enable.

Sampai di sini konektivitas WiFi sudah berhasil diaktifkan, sekarang saatnya kita mencoba untuk mencari jaringan WiFi yang tersedia di sekitar, jika ketemu berarti WiFi kamu masih berfungsi dengan baik. Hanya saja tidak dalam keadaan menyala.

3. Driver Bermasalah
Driver memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah komputer, karena fungsinya untuk mengendalikan perangkat keras (hardware) pada sebuah komputer, termasuk perangkat WiFi itu sendiri. Jika driver WiFi mengalami masalah atau kerusakan, tentu saja akan mengakibatkan jaringan tidak terbaca.

Yang harus kita lakukan adalah menginstall ulang driver yang bermasalah tersebut. Biasanya driver disediakan dalam CD yang disertakan dalam pembelian. Jika kamu tidak memiliki CD-nya, kamu bisa mendownload driver melalui beberapa situs penyedia driver yang cocok dengan merk dan tipe laptop kamu. Jika sudah diinstall ulang silakan dicoba kembali apakah sudah terdeteksi atau belum.

4. Kartu Jaringan Sudah Rusak
Jika beberapa cara di atas masih tidak berhasil, maka kemungkinan besar penyebab jaringan WiFi tidak terdeteksi adalah rusaknya kartu jaringan pada laptop kamu. Jika hal itu memang terjadi, maka satu-satunya jalan yang bisa tempuh adalah dengan membawanya ke tempat service komputer dan mengganti kartu jaringan dengan yang baru.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian coba jika laptop tidak bisa menemukan jaringan WiFi di sekitar. Sebenarnya masalah yang terjadi pada WiFi bisa diatasi dengan mudah asalkan kita tahu masalahnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY