Pada kesempatan ini kami akan share mengenai permasalahan yang terjadi ketika kita akan menginstall sistem operasi windows pada laptop. Installasi windows tidak semudah membalikkan telapak tangan saja, banyak permasalahan yang bisa saja terjadi, salah satunya adalah permasalahan yang umum terjadi adalah Windows cannot be installed to the disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system, Windows can only be installed to GPT disk.

windows-cannot-be-installed-to-this-disk-the-selected-disk-is-of-the-gpt-partitione-style

Nah jika kita mendapatkan masalah seperti ini, salah satunya cara atau solusi yang dapat kita lakukan adalah merubah bootable kita ke format GPT yang mengharuskan kita mengulangi proses installasi dari awal. Cara kedua adalah merubah format MBR ke GPT yang dapat kita lakukan melalui CMD.

Mengubah tipe hardisk saat installasi windows

Cara ini kamu lakukan jika kamu ingin install ulang atau saat hardisk milikmu benar – benar kosong. Cara ini akan otomatis menghilangkan semua data yang ada di hardisk. Oleh karena itu, sebelum melakukan cara ini sebaiknya backup terlebih dahulu file – file yang ada di dalam harddisk. Ingat dibackup dahulu . Data di dalam harddisk akan hilang.

Berikut ini adalah cara merubah MBR ke GPT ataupun sebaliknya.

Pertama, masuk ke installasi windows. Disini dicontohkan pada installasi windows 8.

install-windows-8

Setelah berhasil masuk ke installasi windows 8. Selanjutnya pilih Next. Maka akan masuk ke halaman kedua. Pada halaman installasi kedua ini, klik Install now.

install-now-windows-8

Selanjutnya akan masuk ke halaman ketiga. Nah pada halaman ketiga ini. Kamu harus membuka command prompt. Caranya dengan menekan tombol SHIFT + F 10. Maka akan muncul command prompt Administrator.

kombinasi-tombol-shift-f10

Nah, selanjutnya kamu ketikkan seperti berikut ini.

1. Ketik DISKPART lalu tekan ENTER
2. Ketikkan list disk (untuk menampilkan lisk partisi harddisk milik kamu). Berisi informasi mengenai status partisi dan size. Tekan enter
3. Ketik lagi select disk 0 lalu tekan enter
4  Ketik clean lalu tekan enter lagi
5. Ketik convert gpt jika ingin merubah harddisk ke GPT . Ketik convert mbr jika ingin convert ke MBR
6 Berhasil. Selanjutnya kamu bisa close command prompt dan melanjutkan install windows 7 / 8 / 10.

Jika masih agak sedikit bingung. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

1 2

Nah itulah cara untuk convert GPT ke MBR maupun MBR ke GPT. Bedanya hanya pada langkah ke lima. Jika ingin mengubah ke GPT ketik convert gpt. Sebaliknya jika ingin merubah ke MBR ketik convert mbr.

Cara ini dilakukan dengan resiko semua data di dalam harddisk akan hilang. Jika teman teman ingin agar data yang ada di dalam harddisk tidak hilang. Silahkan coba cara lainnya pada artikel. Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY