Halo Selamat siang :).

Bahas Tentang NodeJS yuk.

Apa itu NodeJS ?

Node.js adalah platform perangkat lunak pada sisi-server dan aplikasi jaringan. Ditulis dengan bahasa javascript dan bisa dijalankan pada Windows, Mac OS X dan Linux tanpa perubahan kode program. Node.js memiliki pustaka server HTTP sendiri sehingga memungkinkan untuk menjalankan webserver tanpa menggunakan program webserver seperti Apache atau Lighttpd.

~~ Menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Node.js

node

Nah itu penjelasan tentang NodeJS yang diambil dari Wikipedia .

Nah terus siapa yang temukan NodeJS ?

Node.js ditemukan oleh Ryan Dhal pada tahun 2009.

Javascript bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman di sisi server sekelas dengan PHP, ASP, C#, Ruby dll dengan kata lain Node.js menyediakan platform untuk membuat aplikasi Javascript dapat dijalankan di sisi server.

Untuk mengeksekusi Javascript sebagai bahasa server diperlukan engine yang cepat dan mempunyai performansi yang bagus. Engine Javascript dari Google bernama V8 yang dipakai oleh Node.js yang merupakan engine yang sama yang dipakai di browser Google Chrome.

JavaScript di Server ? serius ?

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang paling populer. Jika anda sebagai developer pernah mengembangkan aplikasi web maka penggunaan Javascript pasti tidak terhindarkan.

Sekarang dengan berjalannya Javascript di server lalu apa keuntungan yang anda peroleh dengan mempelajari Node.js, kurang lebih seperti ini :

  • Pengembang hanya memakai satu bahasa untuk mengembangkan aplikasi lengkap client & server sehingga mengurangi Learning Curve untuk mempelajari bahasa server yang lain.
  • Sharing kode antara client dan server atau istilahnya code reuse.
  • Javascript secara native mendukung JSON yang merupakan standar transfer data yang banyak dipakai saat ini sehingga untuk mengkonsumsi data-data dari pihak ketiga pemrosesan di Node.js akan sangat mudah sekali.
  • Database NoSQL seperti MongoDB dan CouchDB mendukung langsung Javascript sehingga interfacing dengan database ini akan jauh lebih mudah.
  • Node.js memakai V8 yang selalu mengikuti perkembangan standar ECMAScript, jadi tidak perlu ada kekhawatiran bahwa browser tidak akan mendukung fitur-fitur di Node.js.

Reference

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY